Nainggolan antar Roma benam asa Napoli tunda pesta Juventus

Nainggolan antar Roma benam asa Napoli tunda pesta Juventus

Pemain AS Roma, Radja Nainggolan (nomor punggung 4), merayakan golnya ke gawang Napoli dalam laga pekan ke-35 Liga Italia Seri A di Stadion Olimipco, Senin (25/4/2016). (www.asroma.com)

Roma (ANTARA News) - Gol semata wayang yang dicetak pemain AS Roma, Radja Nainggolan, berhasil mengantarkan timnya mengalahkan tim tamu Napoli dengan skor 1-0 dalam laga lanjutan pekan ke-35 Liga Italia Seri A di Stadion Olimpico, Senin.

Kekalahan itu sekaligus membenamkan harapan Napoli untuk menunda pesta Juventus, yang selepas hasil laga ini telah dipastikan menjuarai Liga Italia Seri A musim 2015/2016.

Perolehan poin Napoli yang berada di peringkat kedua tertahan di angka 73 saja, sedangkan Juventus telah mengantongi 85 poin berkat kemenangan atas Fiorentina, Senin dini hari WIB.

Dengan demikian, Napoli sudah tidak memiliki kans untuk menyamakan perolehan poin di tiga laga tersisa musim ini.

Bagi Roma, hasil itu mengokohkan posisi mereka di zona Liga Champions alias urutan ketiga klasemen dengan koleksi 71 poin.

Sisa tiga laga musim ini juga memberikan peluang bagi tim besutan Luciano Spalletti itu untuk menggeser Napoli dari peringkat kedua, demi hak meraih tiket fase grup Liga Champions musim depan.

Namun apabila mereka hanya finis di urutan ketiga, Roma akan mengarungi Liga Champions dari fase playoff.

Meskipun Napoli unggul atas Roma dalam penguasaan bola, 53 persen banding 47 persen, namun kedua tim sama-sama hanya bisa melepaskan sembilan kali percobaan tembakan sepanjang laga.

Baru enam menit laga berjalan, tuan rumah melakukan protes meminta hadiah tendangan penalti saat Mohamed Salah terjatuh di dalam kotak penalti di tengah kawalan bek Napoli Fhaouzi Ghoulam, namun wasit Daniele Orsato mengabaikan protes tersebut dan tayangan ulang juga memperlihatkan keputusan itu tepat sebab Salah menjatuhkan dirinya sendiri.

Pada menit 25 pemain sayap Jose Callejon menyarangkan bola untuk Napoli, namun legiun Spanyol itu sudah berada dalam posisi offside saat rekannya Dries Mertens melepaskan umpan, sehingga gol itu dianulir.

Tiga menit berselang Gonzalo Higuain hampir membawa Napoli unggul jika saja upayanya tak dihalau penjaga gawang Wojciech Szczesny.

Setelah tak banyak mengcanam gawang Napoli di babak pertama, Roma memaksa penjaga gawang Pepe Reina melakukan penyelamatan atas tendangan Maicon yang berusaha membenamkan bola kiriman Radja Nainggolan pada menit 61.

Tak ada gol yang tercipta hingga 15 menit waktu normal tersisa mendorong pelatih Maurizio Sarri menyuntikkan tenaga segar untuk Napoli dengan menurunkan Lorenzo Insigne menggantikan Mertens pada menit 75 serta David Lopez untuk Allan emat menit berselang.

Sebaliknya tuan rumah juga melakukan pergantian dengan merumputnya Sang Pangeran, Francesco Totti, menggantikan Stephan El Shaarawy pada menit 81.

Keputusan itu terbukti penting, sebab berawal dari umpan lambung yang dikirimkannya ke dalam kotak penalti berujung gol kemenangan Nainggolan.

Umpan lambung yang diantisipasi kepanikan pemain bertahan Napoli itu berhasil diamankan Maicon untuk disodorkan kepada Salah nun segera meneruskannya kepada Nainggolan yang dengan tenang melepaskan tendangan dari luar kotak penalti melesatkan bola ke dalam gawang tak mampu dijangkau Reina. Roma satu Napoli nol.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Italia Seri A.

AS Roma (4-3-3): Wojciech Szczesny (PG); Alessandro Florenzi (Maicon), Kostas Manolas (Ervin Zukanovic), Antonio Ruediger, Lucas Digne; Miralem Pjanic, Seydou Keita, Radja Nainggolan; Mohamed Salah, Diego Perotti, Stephan El Shaarawy (Francesco Totti)
Pelatih: Luciano Spalletti

Napoli (4-3-3): Pepe Reina (PG); Elseid Hysaj, Raul Albiol, Kalidou Koulibaly, Faouzi Ghoulam; Allan (David Lopez), Jorginho (Manolo Gabbiadini), Marek Hamsik; Jose Callejon, Gonzalo Higuain, Dries Mertens (Lorenzo Insigne)
Pelatih: Maurizio Sarri

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2016

NTB persiapkan sejumlah kejuaraan sebelum MotoGP Mandalika 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar