Kuta (ANTARA News) - Mantan Wakil Presiden Prof Dr H Boediono menilai, peran pengawasan dan audit internal di masing-masing lembaga pemerintah dan non pemerintah memiliki peran strategis dalam meningkatkan perekonomian bangsa di tengah krisis ekonomi global.

"Salah satu upaya menumbuhkan perekonomian bangsa melalui peningkatan standar kualitas dari audit internal itu sendiri, sehingga peran pengawasan (audit internal) sangat penting," ujar Boediono yang tampil sebagai pembicara utama dalam Seminar Nasional Internal Audit 2016, di Kuta, Rabu.

Menurut dia, sukses atau tidaknya pertumbuhan ekonomi bangsa saat ini, sangat ditentukan adanya efisiensi dan daya saing audit di setiap struktur organisasi yang ada di negara ini.

Dengan adanya standar kebutuhan untuk fungsi internal audit yang baik, diharapkan mampu mendukung setiap organisasi dalam pemerintahan maupun non pemerintahan dalam meningkatkan level perekonomian bangsa.

"Hal ini sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing sumber daya manusia (SDM) di masing-masing organisasi, sehingga mampu menghadapi era krisis secara global saat ini," ujarnya.

Ia menegaskan, organisasi audit internal tersebut memiliki fungsi strategis dalam memberikan fakta atau informasi yang independen dari pihak manajemen.

"Artinya manajemen dapat menggunakan informasi audit internal ini secara independen untuk pembanding data dari pihak lainnya," katanya.

Boediono juga menekankan, untuk audit internal memberikan informasi secara independen dan akurat sehingga data yang dihasilkan memiliki kualitas baik.

"Untuk itu diinternal auditor harus betul-betul memiliki kualitas yang sangat baik, dengan memiliki sertifikasi dan upgrading terdaftar," ujarnya.

Ia menambahkan, setiap profesi memiliki kualitas tersandar dengan ketentuannya masing-masing, seperti contoh seorang insinyur memiliki standar kualitas tersendiri dan audit internal pun memiliki standar berbeda.

"Kita juga bisa mencontoh sistem audit internal dari negara-negara yang sudah maju yang memiliki standar sangat baik," ujar Boediono.

Pewarta: I Made Surya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016