Lausanne (ANTARA News) - Presiden UEFA yang sedang terkena skors Michel Platini menghadiri persidangan tertinggi olahraga pada Jumat, untuk melakukan banding terhadap skors enam tahunnya dari sepak bola, dan berkata bahwa dirinya optimistis akan memenangi kasusnya, di mana mantan presiden FIFA Sepp Blatter menjadi satu di antara beberapa saksi.

Platini, yang tiba dengan menggunakan taksi untuk menjalani persidangan di Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga (CAS), berharap skors yang dikenakannya akan dapat dicabut tepat waktu untuk turnamen Piala Eropa 2016, yang akan diselenggarakan di kampung halamannya Prancis pada Juni sampai Juli.

CAS mengatakan keputusan terkait kasus ini akan dibuat paling cepat pada pekan depan, tergantung bagaimana kemajuan pada proses persidangan panjang yang berlangsung tertutup itu.

"Hari ini, kami berada di awal permainan, permainan baru, di final... Saya berharap hasilnya akan bagus," kata Platini, yang difavoritkan untuk menggantikan Blatter sebagai presiden badan sepak bola tertinggi FIFA sebelum ia dijatuhi skors.

"Tentu saja, saya optimistis bahwa kami akan menang," ucapnya kepada para pewarta, sambil tersenyum dan terlihat santai.

Platini diskors untuk delapan tahun pada Desember bersama dengan Blatter atas pembayaran senilai dua juta franc Swiss yang diberikan kepada pria Prancis itu oleh FIFA dengan persetujuan Blatter pada 2011 untuk pekerjaan yang telah selesai dikerjakan satu dekade sebelumnya.

Komite etik FIFA, yang menjatuhkan skors ini, mengatakan pembayaran itu, yang dilakukan pada waktu ketika Blatter berupaya untuk kembali terpilih, kurang transparan dan menimbulkan konflik kepentingan.

Kedua pria itu menolak dianggap bersalah dan hukuman mereka dikurangi menjadi enam tahun oleh Komite Banding FIFA pada Februari.

Sekretaris jenderal CAS Matthieu Reeb mengatakan bahwa Blatter, wakil presiden FIFA dan UEFA Angel Maria Villar, dan Jacques Lambert, kepala panitia penyelenggara Piala Eropa 2016, akan memberikan kesaksian.

"Kami tidak tahu persis kapan keputusan akhir akan diambil, mudah-mudahan itu dapat dikeluarkan pada awal pekan depan atau sedikit lebih lambat tergantung pada apa yang dikatakan beberapa pihak kepada kami," kata Reeb kepada para pewarta.

UEFA akan melakukan kongres tahunan di Budapest pada Selasa, namun Reeb tidak dapat mengatakan apakah keputusan akan diambil sebelum kongres itu dibuka. "Mudah-mudahan, saya akan mengetahuinya pada besok malam," tuturnya.

Blatter, yang bandingnya juga akan disidangkan secara terpisah pada beberapa hari mendatang, tiba tiga jam kemudian untuk memberikan kesaksiannya dan hanya berkata, "Saya merupakan saksi untuk kasus Tuan Platini pada hari ini dan saya akan menjawab pertanyaan sebagai saksi, terima kasih untuk minat Anda."

Villar, kepala federasi sepak bola Spanyol (RFEF), tiba dan kemudian meninggalkan persidangan tanpa menjawab pertanyaan-pertanyaan. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016