Jayapura, Papua (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membuka Indonesia Soccer Championship di Stadion Mandala, Jayapura, Papua pada Jumat petang sebagai upaya menghidupkan gelora sepak bola di Tanah Air.

Jokowi membuka pertandingan tersebut dengan meniup peluit tanda dimulainya pertandingan babak kedua.

Seluruh penonton yang berada di Stadion Mandala bersorak gembira usai Jokowi yang mengenakan kemeja putih meniup peluit.

Sejumlah pejabat negara yang turut mendampingi Presiden di Stadion Mandala antara lain Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi serta Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

Peresmian pembukaan kejuaraan sepak bola tersebut merupakan rangkaian kunjungan kerja Presiden ke sejumlah wilayah di Indonesia bagian timur setelah sebelumnya melawat ke Kabupaten Bima.

Pada pertandingan perdana saat Pembukaan ISC 2016 tim yang akan berduel adalah Persipura Jayapura melawan Persija Jakarta.

ISC merupakan liga sepakbola alternatif sejak Indonesia Super League (ISL) dihentikan karena pembekuaan PSSI oleh Pemerintah.

ISC terdiri dari dua bagian, A dan B. ISC A diisi oleh 18 klub yang berasal dari kompetisi Liga Super Indonesia (ISL). ISC B dihuni 59 klub Divisi Utama. ISC tidak memberlakukan sistem promosi dan degradasi.

Sebanyak 18 klub peserta ISC 2016 adalah Semen Padang, Sriwijaya FC, Persija Jakarta, Persib Bandung, Madura United, Persela Lamongan, Gresik United, Arema Cronus, Surabaya United Bhayangkara, Barito Putera, Mitra Kukar, Bali United, Persiba Balikpapan, PSM Makassar, PS TNI, Perseru Serui, Persipura Jayapura dan Pusamania Borneo.

Pada Sabtu (30/4), Presiden Jokowi direncanakan meresmikan sejumlah pasar di Jayapura dan Sentani.

Setelah mengunjungi Jayapura, Jokowi direncanakan kembali ke Jakarta pada Sabtu petang.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016