Gianyar (ANTARA News) - Sebanyak 19 Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI memanfaatkan masa resesnya untuk berkunjung ke Kabupaten Gianyar, Bali guna melihat dari dekat kantor Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP), Selasa.

Wakil Ketua Komis IX DPR RI, Pius Lustrilanang yang memimpin rombongan tersebut mengatakan, kunjungan kerja ke Kabupaten Gianyar merupakan rangkaian kegiatan di masa reses persidangan IV tahun 2015-2016.

Melalui kunjungan tersebut mendapatkan masukan secara langsung, dari program pemerintah daerah, mitra kerja, maupun masyarakat umum tentang realisasi anggaran yang dibiayai pemerintah pusat melalui APBN.

Ia mewakili rombongan mengapresiasi khusus program LTSP milik Pemkab Gianyar, mengingat layanan tersebut dapat mempermudah akses masyarakat umum untuk mengadu nasib menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI).

Hal itu sesuai dengan amanat Presiden RI Joko Widodo yang mengintruksikan pelayanan publik birokrasi harus dibuat sesederhana dan seefektif mungkin.

"Layanan ini bentuk reformasi birokrasi, kami apresiasi langkah Pemkab," kata politikus asal Partai Gerindra itu.

Pius mengungkapkan, usai mendapat masukan dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Gianyar, dia bersama tim akan segera melakukan pembahasan terkait keberlangsungan program ketengakerjaan ke depan.

Sementara, Asisten I Setda Gianyar Cokorda Agusnawa, didampingi Kadisnakertrans Kabupaten Gianyar Gde Widarma Suharta mewakili Bupati Gianyar mengatakan, sebelumnya selama 54 hari periode 22 Februari - 14 April telah melakukan uji coba pelayanan dan seluruhnya melayani sebanyak 3.724 tenaga kerja dalam berbagai jenis layanan.

Mereka terdiri atas layanan pendaftaran pencari kerja (AK-1), pendaftaran penerbitan rekomendasi paspor, layanan legalisir perjanjian kerja TKI, layanan bursa kerja online dan konsultasi TKI luar negeri.

Sementara tahun 2015 jumlah tenaga kerja Gianyar yang berangka ke luar negeri sebanyak 850 orang dan sejak Januari sampai dengan Maret 2016 tercatat 386 orang, atau rata-rata setiap bulannya sebanyak 125 orang, jumlah ini belum termasuk tenaga

kerja Gianyar yang berangkat keluar negeri, tanpa menggunakan KTKLN, yang sampai saat ini belum tercatat, dan diperkirakan jumlahnya dua kali lipat dari jumlah yang tercatat.

Ada 10 lembaga yang bergabung di LTSP, dengan 15 jenis layanan yang disediakan bagi tenaga kerja, dalam maupun luar negeri.

Pewarta: Artayasa dan Gembong Ismadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016