Sampit, Kalteng (ANTARA News) - Anggota Komisi X DPR RI Asdy Narang menilai, kemerosotan moral generasi muda yang terjadi saat ini merupakan masalah yang harus disikapi secara karena bisa mengancam keutuhan negara ini.

"Mungkin saja ada pihak tertentu dari negara lain yang melihat potensi pemuda kita dan sumber daya alam kita sangat besar, makanya mereka berupaya menggerogoti kita dengan berbagai cara, seperti dengan narkoba maupun budaya negatif. Ini harus kita sadari dan cegah," kata Asdy Narang saat sosialisasi Empat Pilar di hadapan puluhan peserta di Sampit, Rabu.

Legislator dari daerah pemilihan Kalimantan Tengah ini mengatakan, pemahaman tentang Empat Pilar kebangsaan merupakan cara yang tepat untuk menjaga keutuhan dan kekuatan negara ini dengan membentengi generasi muda. Generasi penerus harus memahami dan mengamalkan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1946, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

Empat Pilar menjadi kekuatan besar yang dapat menyatukan 360 juta penduduk dengan berbagai perbedaan suku, agama, ras dan antargolongan. Empat Pilar harus terus digelorakan dan ditanamkan kepada generasi muda agar bisa mempertahankan keutuhan dan kekuatan bangsa ini.

"Kami di Komisi X juga memasukkan Empat Pilar dalam kurikulum dengan harapan generasi muda kita menjadi generasi yang kuat dan tangguh dengan moral yang baik. Kami lihat pelajaran tentang kebangsaan dan budi pekerti memang harus diperkuat lagi," ucap politikus PDI Perjuangan itu.

Asdy juga mengkritisi masih minimnya peran pemerintah daerah bersama DPRD dalam mendukung sosialisasi Empat Pilar. Dia mengajak semua pihak untuk meningkatkan sosialisasi dan pemahaman tentang Empat Pilar hingga ke pelosok desa agar generasi muda makin mencintai bangsanya sehingga tumbuh optimisme untuk memajukan diri sendiri dan bangsa ini.

Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur, Sugiannor, mengatakan, pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan ini. Ini merupakan langkah yang sangat positif dalam meningkatkan pemahaman dan kecintaan generasi muda terhadap bangsa ini.

"Kalau zaman dulu pernah ada istilah penataran P4 yang membahas tentang GBHN dan wawasan kebangsaan. Nah, Empat Pilar ini juga sama seperti itu. Memang masalah kebangsaan ini harus terus kita gelorakan agar generasi muda kita mencintai dan punya pegangan yang kuat dakam menjaga keutuhan negara ini," katanya.

Pemerintah daerah akan mendukung sosialisasi Empat Pilar melalui berbagai kegiatan yang akan dijalankan. Progam kebangsaan ini harus mendapat dukungan semua pihak agar hasilnya maksimal.

Pewarta: Norjani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016