Banjarbaru, Kalimantan Selatan (ANTARA News) - Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ditutup selama tiga jam sejak pukul 15.00 Wita hingga 18.00 WITA akibat pengelupasan aspal landasan pacu yang terjadi Sabtu sore.

Secara teknis, landas pacu di suatu bandara harus memenuhi berbagai persyaratan untuk mendukung keselamatan dan keamanan penerbangan, di antaranya dilengkapi piranti navigasi elektronika dan visual, komunikasi, alat bantu pendaratan visual dan elektronika, dan lain-lain. 

Yang tidak kalah penting adalah daya dukung aspal atas beban badan landas pacu itu, apakah untuk pesawat terbang sekelas komuter atau bahkan untuk pesawat terbang ekstra besar, semisal Airbus A-380. 

Dalam dunia penerbangan, aspal terbaik untuk landas pacu bandara adalah aspal alam karena minim olahan minyak yang rentan perubahan temperatur ekstrim panas, sehingga tidak mudah melunak atau meleleh. 

Pada beberapa bandara, di kedua ujung landas pacu terdapat "sambungan" landasan dari beton sebagai arena ancang-ancang pesawat terbang yang menyalakan mesin pada kapasitas maksimalnya sebelum lepas-landas. 

Semburan udara panas buangan mesin jet pesawat terbang jet bisa melelehkan aspal. Ini umum dijumpai pada landas pacu pangkalan udara militer. 

Pewarta: Yose Rizal
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016