Pontianak (ANTARA News) - Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat Cornelis mengharapkan masyarakat Kalbar bisa memenuhi target nasional untuk mengkonsumsi ikan sebanyak 60 kilogram per orang per tahun, sehingga gizi masyarakat bisa terpenuhi.

"Masyarakat Kalbar paling tidak, bisa mengkonsumsi ikan segar sebanyak 30 sampai 40 kilogram per orang per tahun, memenuhi kebutuhan omega 3 dan untuk meningkatkan kecerdasan anak-anak kita," kata Cornelis pada festival Bahari Nusantara yang dilaksanakan DPD PDI Perjuangan Provinsi Kalbar di Pantai Pasir Panjang, Singkawang, Minggu.

Dia menjelaskan, kegiatan festival Bahari tersebut setidaknya bisa mendukung kebijakan Menteri Kelautan Perikanan, Susi Pudjiastuti, yang menargetkan setiap masyarakat bisa mengkosumsi 60 kilogram ikan setiap tahunnya, seperti negara-negara maju.

Gubernur Kalbar itu mencontohkan, masyarakat Jepang yang gemar mengkonsumsi ikan, sehingga memunculkan generasi cerdas yang bisa menguasai teknologi sampai saat ini.

"Sehingga pada moment Festival Bahari Nusantara, PDI Perjuangan Provinsi Kalimantan Barat menyiapkan 1,2 ton ikan segar yang dipanggang kemudian dikonsumsi bersama masyarakat di Pasir Panjang secara gratis," tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Forikan Provinsi Kalbar Frederika Cornelis mengatakan, dalam upaya mencapai target nasional tersebut, pihaknya membuat pangan berbahan ikan dengan berbagai variasi seperti nuget, sosis dan jenis makanan lainnya berbahan ikan yang aman bagi anak-anak.

"Karena anak-anak Kalbar sebagai penerus generasi harus memiliki kecerdasan salah satu peningkatannya dengan mengkonsumsi ikan secara rutin," katanya.

Sementara itu, Darso, Ketua Panitia Festival Bahari Nusantara Kalbar mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia oleh DPP PDI Perjuangan. Untuk Kalbar dipusatkan di Singkawang dengan undangan 1.000 orang dan sudah disiapkan 1,2 ton ikan segar serta 40 tempat pemanggang.

"Adapun kegiatan yang kita laksanakan pada festival Bahari ini antara lain makan ikan dan bakar ikan bersama rakyat, lomba menangkap ikan dan lomba koperasi, ini untuk mengingatkan bahwa bangsa Indonesia bangsa besar karena sudah menguasai laut," katanya.

Panitia HUT PDI Perjuangan 43 DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat, Paulus Mursalim, menambahkan, untuk memeriahkan HUT 43 PDI Perjuangan, DPD PDI Perjuangan Kalbar juga akan menggelar Festival Banteng Musik Indonesia, Festival Bahari Nusantara, Festival orang muda dan penataan kesekretariatan PDI Perjuangan.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016