Manado (ANTARA News) - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulawesi Utara Marsel Sendoh optimistis "job fair" yang rencananya dilaksanakan 9-10 Mei di Manado mampu menyerap sebanyak 2.354 tenaga kerja.

"Kami terus melobi perusahaan-perusahaan agar ikut serta pada job fair atau bursa kerja yang akan digelar. Semakin banyak yang berpartisipasi, peluang menyerap tenaga kerja semakin terbuka lebar," kata Sendoh di Manado, Minggu.

Saat ini, kata dia, sebanyak 41 perusahaan telah menyampaikan kesediaanya dalam bursa kerja yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

"Perusahaan yang menyatakan kesiapan bergerak di bidang jasa, finance, dealer, perhotelan, perdagangan dan pemandu wisata," katanya.

Bahkan kata dia, untuk pemandu wisata (tour guide) membuka kesempatan kepada pencari kerja yang memiliki kompetensi berbahasa mandarin, Jepang dan Korea mengambil peluang ini.

"Pemandu wisata yang menguasai bahasa mandarin akan menerima sebanyak 75 orang, begitu pula dengan Jepang juga sebanyak 75 orang. Sementara Korea membuka kesempatan sebanyak 10 orang," katanya.

Mantan kepala biro hukum ini menambahkan, peluang diserap dunia usaha melalui bursa kerja ini hendaknya dimanfaatkan oleh angkatan kerja yang masih menganggur.

"Ini kesempatan emasa, jangan disia-siakan. Program ini bertujuan mengurangi angka pengangguran di Sulut sekaligus juga mendukung program pemerintah daerah mengentaskan kemiskinan," katanya.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016