counter

Gorontalo Utara bangun 100 unit rumah nelayan

Gorontalo Utara bangun 100 unit rumah nelayan

ILUSTRASI - Pembangunan Perumahan (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Gorontalo (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, membangun 100 unit rumah untuk nelayan di Kecamatan Sumalata untuk menciptakan rumah layak huni dan sehat di wilayah pesisir.

Bupati Gorontalo utara Indra Yasin, Rabu di Gorontalo mengatakan, perumahan tersebut ditempatkan di Desa Buloila dan Lelato, sebab mayoritas nelayan tradisional bermukim di wilayah itu.

Pembangunan rumah layak huni bagi nelayan, menelan anggaran sebesar Rp15 miliar dan pengerjaannya sudah mencapai 60 persen.

"Pembangunan ratusan rumah ini sengaja dipercepat, agar penerima bantuan segera menempati hunian yang layak dan sehat," ujar Indra.

Pemerintah daerah menargetkan pembangunan rumah layak huni dan sehat di wilayah-wilayah pesisir, sebagai upaya mendorong peningkatan derajat hidup masyarakat, katanya.

Sebanyak 78 desa dari 123 desa tersebar di 11 kecamatan berada di wilayah pesisir dan rata-rata warga yang bermukim bermata pencaharian sebagai nelayan dan petani sehingga perhatian khusus diberikan pemerintah daerah, sebagai pendorong bagi masyarakat untuk hidup sejahtera dan sehat.

"Targetnya, tidak ada lagi rumah kumuh di daerah ini hingga tahun 2018 dan masyarakat dapat fokus melakoni aktivitasnya, sehingga penghasilan mereka bisa dimanfaatkan sebagai tambahan modal usaha dalam mendukung peningkatan produksi di sektor perikanan dan pertanian," ujar Indra.

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Entaskan kemiskinan melalui rumah layak huni

Komentar