Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 322 atlet dari 24 negara akan meramaikan turnamen bulu tangkis Indonesia Terbuka 2016 yang akan digelar di Istora Senayan Jakarta, 30 Mei-5 Juni 2016.

"Indonesia Terbuka merupakan turnamen yang punya reputasi sebagai turnamen tingkat super series berhadiah terbesar," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Gita Wirjawan dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Indonesia Terbuka 2016 merupakan turnamen tingkat super series premier yang menawarkan hadiah total sebesar 900 ribu dolar AS atau naik 100 ribu dolar dari hadiah total pada Indonesia Terbuka 2015.

Gita berharap Indonesia tidak hanya sukses dalam penyelenggaraan tapi juga sukses prestasi atlet-atlet bulu tangkis nasional dengan menjuarai lima nomor pertandingan.

"Indonesia masih dapat berharap merebut gelar juara pada tiga nomor yaitu ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Tapi, nomor tunggal putra juga masih menyimpan harapan untuk menjadi juara," kata Gita.

Sektor tunggal putri, lanjut Gita, masih membutuhkan waktu untuk meraih gelar juara menyusul pembinaan pemain-pemain muda tunggal putri pelatnas yang masih berjalan.

"Kami harus lebih tegas untuk pembinaan pemain-pemain muda pada semua sektor, terutama tunggal putri. Tapi, sekarang sektor tunggal putri sudah punya pemain potensial seperti Gregoria Mariska dan Fitriani," kata Gita.

Sekretaris Jenderal PBSI sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Indonesia Terbuka 2016 Anton Subowo mengatakan persiapan penyelenggaraan turnamen tahunan itu hampir 100 persen.

"Kami terus berkoordinasi dengan Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno terakit perbaikan Stadion Istora. Perbaikan itu bertujuan memberikan keamanan dan kenyamanan bagi atlet maupun penonton," kata Anton.

Anton menambahkan Indonesia Terbuka 2016 akan menjadi turnamen pembuktian bagi Merah-Putih kepada dunia jika atlet-atlet Tanah Air mampu menjadi juara di kandang sendiri.

Indonesia Terbuka yang disponsori Bank Central Asia dan Djarum Foundation itu sekaligus merupakan tempat ideal pengujian kemampuan para pemain bulu tangkis dunia menjelang Olimpiade Rio de Jeneiro 2016 pada Agustus.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016