Sunderland lolos degradasi, kirim Newcastle-Norwich ke Divisi Championship

Sunderland lolos degradasi, kirim Newcastle-Norwich ke Divisi Championship

Pemain Sunderland, Patrick van Aanholt (kiri), merayakan golnya ke gawang Everton dengan menghampiri sang pelatih Sam Allardyce (kanan) dalam laga susulan pekan ke-30 Liga Utama Inggris, di Stadium of Light, Kamis dini hari WIB. (www.premierleague.com)

Sunderland, Inggris (ANTARA News) - Sunderland berhasil memastikan diri bakal bertahan di Liga Utama Inggris musim depan setelah melibas Everton dengan skor 3-0 dalam laga susulan pekan ke-30 di Stadium of Light, Kamis dini hari WIB.

Berkat kemenangan tersebut, Sunderland kini mengemas 38 poin dan memastikan diri finis di urutan ke-17 klasemen sebab tak terkejar oleh Newcastle United (34) dan Norwich City (34). Kedua tim tersebut dipastikan terdegradasi ke Divisi Championship musim depan.

Hal itu sekaligus membuktikan sesumbar Sam Allardyce yang menyatakan akan membawa Sunderland tetap bertahan di Liga Utama.

Sementara di kubu Everton kekalahan tersebut kian membuat nasib pelatih Roberto Martinez bak telur di ujung tanduk dan dipastikan akan membuat desakan pemecatan dari para penggemar semakin deras.

Bek kiri Patrick van Aanholt mencetak gol pembuka keunggulan Sunderland sebelum dilengkapi dwigol dari pemain bertahan lainnya, Lamine Kone.

Gol Van Aanholt dicetak legiun Belanda itu dari eksekusi tendangan bebas tak jauh dari tepian kotak penalti tim tamu pada menit 38, setelah bola tembakannya tak mampu diantisipasi penjaga gawang Everton Joel Robles yang sebetulnya berada dalam posisi cukup nyaman untuk melakukan halauan.

Empat menit berselang Sunderland menggandakan keunggulan mereka menjadi 2-0 lewat gol memanfaatkan situasi sepak pojok.

Sepak pojok Wahbi Khazri sempat dihalau dengan tandukan Leighton Baines, namun bola justru disambut Yann M'Vila untuk diteruskan ke dalam kotak penalti lagi di mana Kone menanti dengan tendangan sentuhan pertama yang tak mampu dihalau Robles.

Usai turun minum kepercayaan diri yang tinggi di antara para punggawa tuan rumah membuat mereka berhasil menambah keunggulan menjadi 3-0 hanya 10 menit memasuki babak kedua.

Situasi sepak pojok kembali menjadi momok bagi koordinasi pertahanan Everton yang membiarkan Kone lagi-lagi bisa menyambut datangnya bola dengan sepakan mudah ke gawang yang hampir dibiarkan ternganga oleh para penjaganya.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim di laga tersebut seturut laman resmi liga.

Sunderland (4-1-4-1): Vito Mannone (PG); DeAndre Yedlin, Lamine Kone, Younes Kaboul, Patrick van Aanholt; Jan Kirchhoff (Sebastian Larsson); Fabio Borini, Lee Cattermole (John O'Shea), Yann M'Vila, Wahbi Khazri (Duncan Watmore); Jermain Defoe
Pelatih: Sam Allardyce

Everton (4-2-3-1): Joel Robles (PG); John Stones, Matthew Pennington, Ramiro Funes Mori, Leighton Baines; James McCarthy, Gareth Barry; Kevin Mirallas, Ross Barkley (Aaron Lennon), Tom Cleverley (Leon Osman); Romelu Lukaku
Pelatih: Roberto Martinez

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar