Liverpool, Inggris (ANTARA News) - Sebuah gol telat dari penyerang Liverpool, Christian Benteke, pada menit kedua perpanjang waktu atau menit 90+2 menyelamatkan timnya dari kekalahan kala menjamu Chelsea untuk laga susulan pekan ke-30 Liga Utama Inggris yang berakhir imbang 1-1 di Stadion Anfield, Kamis pagi WIB.

Gol tersebut seolah menjadi pembuktian taji Benteke memulai laga dari bangku cadangan dan baru masuk pada menit 75 menggantikan Adam Lallana, bersamaan dengan turunnya Joe Allen menggantikan James Milner.

Gol itu juga sekaligus menjadi bukti kejelian pelatih Juergen Klopp melakukan rotasi pergantian pemain untuk mengubah pendekatan terhadap permainan, sebab gol Benteke berawal dari salah seorang pemain pengganti lain, Sheyi Ojo yang masuk menit 88 menggantikan Kolo Toure.

Umpan silang Ojo yang terlalu tajam dan mengarah ke penjaga gawang Asmir Begovic malah tidak bisa diamankan sempurna oleh legiun Bosnia-Herzegovina tersebut, dan bola justru mengarah ke Benteke yang berdiri bebas tanpa kawalan dan segera menyambarnya dengan tandukan tenang ke mulut gawang yang menganga lebar.

Liverpool sebelumnya tertinggal 0-1 dari tim tamu akibat gol yang dicetak Eden Hazard pada menit 32.

Hazard dengan sempurna melakukan aksi aksi individual melewati setidaknya tiga pemain Liverpool sebelum melepaskan tendangan dari tepian dalam kotak penalti mengarahkan bola ke tiang jauh tak terjangkau penjaga gawang Simon Mignolet.

Gol Hazard seolah menjadi ironi bagi Liverpool yang sepanjang babak pertama dan hampir keseluruhan laga menguasai pertandingan, namun kesulitan membongkar barisan pertahanan Chelsea yang kerap dicibir sebagai parkiran bus.

Penyerang muda Chelsea Bertrand Traore mungkin akan menyesali kegagalannya bersikap tenang kala melakukan penyelesaian dalam situasi satu lawan satu dengan Mignolet di pengujung babak pertama.

Hasil tersebut membuat posisi kedua tim tak berubah di klasemen sementara, Liverpool di urutan kedelapan dengan koleksi 59 poin dan diikuti Chelsea di peringkat kesembilan dengan raihan 49 poin.

Bagi Liverpool, meski tak meraih hasil maksimal namun mereka masih bisa melakukan putaran penghormatan tanpa rasa bersalah tak terlalu besar di hadapan publik Anfield.

Sebab lazimnya kebiasaan Liverpool di laga kandang pamungkas di tiap musim mereka melakukan putaran penghormatan kepada para pendukung setia mereka yang hadir di Anfield.

Di laga pamungkas pada akhir pekan nanti Liverpool melawat ke markas West Bromwich Albion, sementara Chelsea akan menjamu juara baru Liga Utama, Leicester City.

Berikut susunan pemain kedua tim di laga tersebut seturut laman resmi liga.

Liverpool (4-4-1-1): Simon Mignolet (PG); Nathaniel Clyne, Kolo Toure (Sheyi Ojo), Dejan Lovren, Alberto Moreno; Adam Lallana (Christian Benteke), James Milner (Joe Allen), Emre Can, Philippe Coutinho; Roberto Firmino; Daniel Sturridge
Pelatih: Juergen Klopp

Chelsea (4-2-3-1): Asmir Begovic (PG); Cesar Azpilicueta, Gary Cahill, John Obi Mikel, Baba Rahman; Cesc Fabregas, Nemanja Matic; Pedro Rodriguez (Ruben Loftus-Cheek), Willian (Kennedy), Eden Hazard; Bertrand Traore
Pelatih: Guus Hiddink

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016