Amsterdam (ANTARA News) - Klub Ajax Amsterdam memberhentikan Frank de Boer setelah ada konfirmasi bahwa Everton siap mengangkatnya sebagai manajer di musim depan.

Sebelumnya tersiar warta bahwa sejumlah klub papan atas Liga Inggris berminat mengontrak manajer klub papan atas Liga Belanda itu.

Manajer asal Belanda itu beberapa pekan belakangan banyak dikaitkan dengan sederet klub Liga Inggris, sebut saja Liverpool, Tottenham Hotspur dan Newcastle United, sebagaimana diwartakan oleh laman Squawka.

Agen De Boer menegaskan bahwa Everton siap menampuh manajer Ajax itu, menyusul pemecatan Roberto Martinez dari Everton di akhir musim.

De Boer mengatakan, "Saya punya waktu yang begitu fantastis di sini. Pertama sebagai pemain selanjutnya sebagai pelatih. Ajax memberi saya kesempatan membesut tim utama dan saya mengucapkan terima kasih atas tanggungjawab itu."

De Boer menangani Ajax selama enam tahun dan membawa klub ini meraih empat gelar di ajang sepak bola Liga Belanda.

"Setelah meraih empat gelar secara berturut-turut dalam musim 2014-2015, setelah itu hasilnya mengecewakan. Kami melakukan pembaruan, kami telah melakukan segala sesuatunya, meski hasilnya memang di luar harapan."

De Boer meraih empat empat gelar Liga Belanda (Eredivisie) dan penghargaan Johan Cruyff. Ajax kehilangan gelar pada musim ini karena kalah dari PSV.

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016