London (ANTARA News) – Pemerintah Inggris pada Kamis (Jumat WIB) akan mengumumkan rencana untuk mereformasi BBC.

Perombakan itu mungkin membuat pemerintah punya pengaruh lebih luas kepada lembaga penyiaran publik itu. Di sisi lain, usulan untuk pemotongan besar-besaran sudah diredam.

Stasiun penyiaran itu akan diatur oleh organisasi eksternal, Ofcom, organisasi independen pengawas media. Ini adalah  pertama kalinya dalam 90 tahun sejarah BBC.

Stasiun penyiaran itu juga akan memiliki direksi baru untuk menjalankan urusan sehari-hari dan calonnya bisa sosok yang ditunjuk pemerintah.

BBC akan mencalonkan paling tidak setengah anggota direksi menyusul kekhawatiran bahwa independesi editorialnya dapat terganggu.

Menteri Media John Whittingdale akan menjabarkan laporan resmi itu kepada parlemen pada Kamis malam, dan akan dibahas para anggota parlemen pada tahun ini sebelum pembaharuan anggaran dasar pengelolaan BBC disepakati. 

Hubungan antara partai Konservatif pendukung Perdana Menteri David Cameron dan BBC sudah lama dilanda ketegangan.

Sejumlah anggota parlemen menuding stasiun penyiaran itu memihak kubu berhaluan sayap kiri, namun hal itu dibantah stasiun penyiaran tersebut.

Sejumlah selebriti termasuk bintang James Bond Daniel Craig dan pengarang Harry Potter J.K Rowling telah bersuara menentang pemotongan anggaran BBC.

Sumber : AFP 

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016