Jakarta (ANTARA News) - Anggota Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Timur membekuk dua komplotan pencurian yang menyasar pengendara mobil bermoduskan tunjuk ban kempes.

"Pelaku pura-pura menunjuk ban kempes kepada pengemudi mobil," kata Kepala Sub Bagian Humas Polres Metro Jakarta Timur Komisaris Polisi Husaimah di Jakarta Jumat.

Petugas menangkap Ade Juanedi (31) warga Jalan Kartini Sawah Besar Jakarta Pusat dan Abdul Komar (31) beralamat di Jalan Bali Makasar Jakarta Timur.

Kompol Husaimah menyebutkan kedua tersangka telah melakukan kejahatan dengan modus tersebut sebanyak dua kali di Jalan Basuki Rachmad Duren Sawit dan dua kali di Jalan Pangeran Revolusi Pondok Bambu Jakarta Timur.

Korban terakhir yang menjadi sasaran sindikat itu yakni seorang wanita Syifa Maudini Nurtyas (18).

Diungkapkan Kompol Husaimah, petugas menangkap Ade dan Komar berboncengan akan beraksi di Flyover Pondok Bambu dengan mengetuk kaca pengendara mobil.

Tersangka pura-pura memberitahukan pengendara mobil mengalami ban kempes sehingga korban berhenti untuk memastikan ban rodanya.

Ketika pengemudi keluar mobil, tersangka Komar masuk ke mobil melalui pintu sebelah kiri guna mengambil barang berharga korban, lalu melarikan diri.

"Namun saat beraksi, tersangka Ade ditangkap petugas," tutur Husaimah.

Selanjutnya, anggota mengembangkan jaringan pencurian dengan pemberatan itu dengan menciduk Komar yang berperan sebagai eksekutor.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016