Milan, Italia (ANTARA News) - AS Roma sukses mempecundangi AC Milan dengan skor 3-1 di hadapan publik Stadion San Siro dalam laga pekan penutup Liga Italia Seri A 2015/2016, Minggu pagi WIB.

Mohammed Salah, mantan pemain Milan Stephan El Shaarawy dan pemain yang masuk menggantikannya, Emerson, menjadi pencetak gol kemenangan Roma, sementara tuan rumah memperoleh gol hiburan dari kaki Carlos Bacca.

Meski meraih tambahan tiga poin, Roma tak beranjak dari urutan ketiga klasemen dengan total 80 poin lantaran di laga lain Napoli (82) menang besar atas Frosinone.

Akibatnya, Roma harus memulai keikutsertaan di Liga Champions musim depan dari babak playoff, sebab tiket fase grup sudah dikantongi Juventus dan Napoli.

Sementara bagi Milan (57) hasil itu membuat mereka tertahan di urutan ketujuh klasemen sementara dan harus bisa memenangi final Piala Italia melawan juara bertahan Juventus jika menginginkan satu tiket ke fase grup Liga Europa.

Tampil di hadapan publik sendiri tak lantas membuat Milan mendominasi jalannya pertandingan, sebab statistik mencatat Roma menguasai 65 persen pengendalian bola, meski dalam urusan agresivitas menyerang kedua tim hampir seimbang 14 kali percobaan tembakan dilepaskan tuan rumah dan 19 kali oleh tim tamu.

Akurasi tembakan menjadi kunci, sebab Roma membuka keunggulan pada menit 19 memanfaatkan kesalahan umpan Manuel Locatelli di lini tengah yang berujung umpan matang Kevin Strootman diselesaikan tembakan ke sudut kiri gawang oleh Salah demi mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk tim tamu.

Roma menggandakan keunggulan mereka pada menit 59 lewat El Shaarawy yang menaklukkan Alex dan Philippe Mexes demi menyambut umpan lambung Miralem Pjanic dengan tembakan voli.

Pada menit 82, bola muntah upaya penjaga gawang Gianluigi Donnaruma disambar oleh pemain pengganti Roma, Emerson, untuk memperbesar keunggulan timnya menjadi 3-0.

Dua menit berselang, tuan rumah memperoleh gol hiburan dari kaki Bacca.

Susunan pemain seturut laman resmi Seri A.

AC Milan (4-3-1-2): Gianluigi Donnaruma (PG); Mattia De Sciglio, Philippe Mexes, Alex (Davide Calabria), Alessio Romagnoli; Juraj Kucka, Manuel Locatelli, Andrea Bertolacci (Giacomo Bonaventura); Keisuke Jonda; Carlos Bacca, Mario Balotelli (Luiz Adriano)
Pelatih: Cristian Brocchi

AS Roma (4-3-1-2): Wojciech Szczesny (PG); Alessandro Florenzi, Kostas Manolas, Antonio Ruediger, Lucas Digne; Radha Nainggolan, Daniele De Rossi, Kevin Strootman (Francesco Totti); Miralem Pjanic; Mohamed Salah (Edin Dzeko), Stephan El Shaarawy (Emerson)
Pelatih: Luciano Spaletti

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016