Jakarta (ANTARA News) - Sporting Gijon untuk sementara unggul dalam pertarungan menghindari ancaman degradasi La Liga Spanyol di pekan pamungkas 2015/2016 dengan mengungguli Villarreal 1-0 di Stadion El Molinon, Senin dini hari WIB.

Gijon meraih keunggulan berkat gol dari Jony pada menit 8.

Berkat keunggulan sementara tersebut, posisi Gijon di klasemen terangkat ke peringkat 17 dengan raihan 39 poin dan sementara ini posisinya paling aman dalam pertarungan menghindari zona degradasi dibandingkan para pesaingnya, Rayo Vallecano dan Getafe.

Vallecano yang saat ini unggul 2-0 atas Levante harus puas untuk sementara berada di posisi ke-18 klasemen dengan koleksi 38 poin.

Sementara Getafe masih bermain imbang tanpa gol dalam lawatannya ke markas Real Betis.

Apabila kedudukan itu bertahan hingga 45 menit kedua rampung di tiga laga tersebut, maka Gijon akan tetap berlaga di La Liga musim depan sementara Vallecano dan Getafe turun kasta ke Divisi Segunda.

Gijon musim ini berstatus sebagai tim promosi setelah menghabiskan tiga musim di Divisi Segunda. Terakhir kali mereka mengalami degradasi dari La Liga terjadi pada musim 2011/2012 silam.

Sementara Vallecano terakhir kali terdegradasi pada muim 2002/2003 silam dan baru kembali berlaga di La Liga pada musim 2011/2012 lalu hingga kini.

Sedangkan Getafe merupakan tim yang baru pertama kali meraih promosi ke La Liga pada musim 2003/2004 silam dan telah menghabiskan 12 musim di kasta tertinggi sepak bola Spanyol itu dengan berkali-kali berkutat di pertarungan menghindari zona degradasi.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016