Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengingatkan bahwa sumber daya kelautan dan perikanan di kawasan perairan Indonesia harus dikelola secara mandiri sebagai bentuk penegakan kedaulatan Republik Indonesia.

"Kita ingin sumber daya laut kita ditangkap dan dikelola oleh orang kita dan untuk orang kita," kata Menteri Susi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Susi memaparkan, Indonesia ingin hidup bersama berdampingan dengan negara-negara tetangga dan hidup rukun, akan tetapi semua harus saling menghormati.

Menteri Kelautan dan Perikanan juga mengemukakan, pengawasan penangkapan ikan secara ilegal juga selama ini menjadi salah satu fokus Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Dia juga menginginkan masyarakat untuk melaporkan langsung ke aparat atau bahkan langsung ke ponsel miliknya bila melihat aktivitas penangkapan secara ilegal di daerahnya.

Sebelumnya, Susi menyatakan ingin agar nelayan tradisional maupun pengusaha perikanan agar tidak menjual ikan secara ilegal ke pihak asing, untuk membangkitkan sektor perikanan nasional.

Ia mempersilakan pihak asing untuk investasi di sektor kelautan dan perikanan di Indonesia, tetapi hanya untuk pengolahan. Sedangkan aktivitas penangkapan ikan, sepenuhnya milik pelaku perikanan Indonesia.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016