Jangan sampai masyarakat membeli produk tidak sah, nah jadi kami akan terus menggiatkan sosialiasi dan edukasinya...."
Jakarta (ANTARA News) - Otoritas Jasa Keuangan menyampaikan bahwa sepanjang kuartal I/2016 terdapat sebanyak 400 perusahaan yang tidak memiliki izin menawarkan produk investasi ke masyarakat.

"Bila diakumulasi, hampir 400 perusahaan yang tidak sah atau tidak memiliki izin dari OJK menawarkan produk investasi ke masyarakat luas," ujar anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S. Soetiono usai peluncuran Galeri Investasi Mobile di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi agar masyarakat tidak tertipu oleh penawaran produk-produk investasi ilegal atau tanpa izin.

"Jangan sampai masyarakat membeli produk tidak sah, nah jadi kami akan terus menggiatkan sosialiasi dan edukasinya. Masih banyak komentar dari masyarakat yang belum memahami," katanya.

Ia mengatakan bahwa melalui Galeri Investasi Mobile, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang produk investasi seperti di pasar modal.

"Galeri Investasi Mobile merupakan bentuk pengembangan dari Galeri Investasi. Galeri Investasi hanya diperuntukan bagi kalangan kampus, seperti pelajar atau mahasiswa, dan dosen. Nah, pengembangan galeri itu akan lebih dekat kepada masyarakat yang ada di sekeliling kampus, seperti Kecamatan," paparnya.

Sebagai proyek rintisan, Kusumaningtuti S. Soetiono menjelaskan bahwa Galeri Investasi Mobile akan diluncurkan di Jakarta. Peluncuran pertama dilakukan di Kantor Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan yang bekerja sama dengan Universitas Pancasila dan PT Sucorinvest Central Gani pada Selasa ini (17/5) dengan mengundang masyarakat sekitar seperti perangkat keluaran, guru Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan, serta pengurus koperasi yang berada di wilayah Kecamatan setempat.

"Galeri Investasi Mobile dapat dimanfaatkan masyarakat mengenai investasi di pasar modal. Investasi di pasar modal itu bisa melalui saham, reksadana dan obligasi," paparnya.

Adapun Galeri Investasi Mobile kedua, lanjut dia, rencananya akan dilaksanakan di Ballroom Puteri Duyung Cottage Taman Impian Jaya Ancol pada Kamis (26/5) mendatang, bekerjasama dengan Universitas Bunda Mulia Jakarta dan PT MNC Securities.

Sampai dengan Mei 2016, telah beroperasi 184 Galeri Investasi di perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan 4 di antaranya merupakan Galeri Investasi Syariah.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016