Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima hibah bus tingkat untuk rute wisata yang akan dapat dimanfaatkan masyarakat secara gratis.

“Kami ingin Jakarta dilayani bus tingkat gratis untuk wisatawan lokal maupun luar negeri,” kata Gubernur Basuki Tjahaja Purnama saat meluncurkan bus baru tersebut.

DKI menerima satu unit bus dari PT Tower Bersama Infrastuktur Group (dihibahkan hari ini), satu dari PT Coca Cola dan satu PT Alfamart sehingga kini ada 8 bus yang beroperasi.

Bus berkapasitas 69 tempat duduk.

Bus-bus tersebut pada akhir pekan akan beroperasi dengan tiga tema, yaitu sejarah, kuliner, dan wisata belanja.

Bus rute sejarah beroperasi pada hari Minggu pukul 12.00 hingga 20.00 dan dilengkapi dengan GPS sehingga ketika melewati museum atau gedung bersejarah akan ada pengeras suara yang menceritakan bangunan tersebut.

Ahok, panggilan Basuki, mengatakan akan menyiapkan alat pendengar yang memuat informasi dalam bahasa Inggris sehingga wisatawan asing juga dapat menikmati wisata sejarah.

Sementara itu, rute wisata kuliner beroperasi pada Sabtu pukul 17.00 hingga 23.00 untuk mengunjungi lokasi yang terkenal untuk makan serta melihat kehidupan ibu kota di malam hari.

Rute wisata belanja pada Minggu pukul 12.00-20.00 akan mengeksplorasi Jakarta sebagai kota metropolitan.

Rencananya, Pemprov akan kemballi menerima hibah untuk bus wisata sehingga diperkirakan pada  Juli 2016 akan ada 21 unit yang beroperasi.

Ahok menargetkan tahun ini ada 40 unit bus wisata di Jakarta.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016