Unhas patenkan pasta gigi-obat kumur rumput laut

Unhas patenkan pasta gigi-obat kumur rumput laut

Ilustrasi (www.wikipedia.org)

Ada beberapa produk yang telah kita patenkan termasuk yang belum lama ini yakni pasta gigi dan obat kumur dari rumput laut,"
Makassar (ANTARA News) - Universitas Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan telah mematenkan dua karya cipta dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unhas masing-masing pasta gigi dan obat kumur yang berasal atau berbahan dasar rumput laut.

"Ada beberapa produk yang telah kita patenkan termasuk yang belum lama ini yakni pasta gigi dan obat kumur dari rumput laut," jelas Rektor Universitas Hasanuddin, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA di Makassar, Jumat.

Dua produk yang telah dipatenkan hak miliknya itu, kata dia, memang diciptakan oleh dokter FKG Unhas. Produk ini tentunya diharapkan mendapatkan respon positif dari masyarakat ke depan.

Selain pasta gigi dan obat kumur, produk dari rumput laut yang sudah dikelola dan dijadikan sebuah produk memang cukup banyak termasuk untuk peralatan kosmetik atau kecantikan.

Sebelumnya, Unhas juga telah memperkenalkan empat produk andalannya dalam sebuah pameran di Montreal, Kanada, pada 13-15 April 2016.

Adapun keempat produk Unhas itu masing-masing cokelat, kopi, minyak kelapa yang sudah dimurnikan menggunakan teknologi, serta rumput laut.

Prof Dwia mengaku jika keikutsertaan Unhas ini difasilitasi salah seorang pengusaha kelahiran Indonesia yang sudah menjadi warganegara Kanada, Lina Suhairy yang bertindak sebagai Indonesian Promote.

Wanita yang bersangkutan itupun yang rutin mengkomunikasikan rencana dan keinginan pihak Unhas untuk memperkenalkan produknya ke masyarakat Kanada melalui bantuan Kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Montreal.

Lebih jauh, Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar kini mengagendakan menggelar kegiatan hingga 200 ajang yang sifatnya internasional sepanjang 2016.

Untuk merealisasikan itu, pihaknya telah menyiapkan anggaran yang cukup besar demi mewujudkan ratusan agenda yang telah dan baru akan dilaksanakan ke depan.

"Kami memang menyiapkan anggaran yang lebih besar dibandingkan tahun 2015 yang mencapai sekitar Rp3 miliar. Ini kita lakukan karena memang memiliki agenda yang cukup banyak hingga mencapai 200 event," ujarnya.

Untuk kegiatan yang sifatnya internasional pada 2015, kata dia, itu sudah mencapai 136 kegiatan (event) yang sifatnya internasional. Untuk tahun ini direncanakan akan mengalami peningkatan hingga mencapai 200 kegiatan seperti temu ilmiah atau seminar.

Khusus untuk bulan Mei 2016, menurut dia, bahkan ada sekitar 10 kegiatan baik meeting ataupun seminar dan sebagainya yang dilakukan diberbagai fakultas di Unhas.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Ekspor Serentak, NTB lepas komoditas kopi dan rumput laut

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar