Ambil pelajaran, ambil hikmahnya. Tuliskan dan sebarkan pengalaman Anda, sampaikan pada keluarga, pada dunia, agar teman-eman yang lain ingin merasakan apa yang Anda rasakan,"
Palembang (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menyarankan para siswa peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 di Palembang membiasakan diri menulis pengalaman untuk memotivasi pembaca.

"Ambil pelajaran, ambil hikmahnya. Tuliskan dan sebarkan pengalaman Anda, sampaikan pada keluarga, pada dunia, agar teman-eman yang lain ingin merasakan apa yang Anda rasakan," kata Anies kepada peserta OSN di Palembang melalui sambungan video dari Jakarta, Jumat.

Anies meminta kepada para peserta untuk membawa semangat yang dialaminya selama di Palembang saat pulang ke kampung halaman. Anies ingin para siswa menceritakan pada orang lain tentang pengalamannya baik melalui lisan ataupun tulisan.

Selain itu, Anies yang merupakan mantan rektor Universitas Paramadina tersebut meminta pada para siswa untuk menjalin hubungan sesama peserta yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia selepas gelaran OSN 2016.

"Di Palembang, peserta OSN merajut tenun kebangsaan," kata dia.

Pendiri gerakan Indonesia Mengajar tersebut berujar bahwa OSN merupakan kurikulum tersembunyi yang diselipkan pemerintah untuk membangun perilaku, perasaan, dan semangat saintifik para peserta didik.

Dia mengimbau kepada para juara olimpiade untuk tidak berhenti berjuang dan tidak cukup puas dengan pencapainnya agar bisa meraih prestasi baru yang lebih tinggi. "Untuk yang gagal jangan khawatir. Karena ini merupakan proses pembelajaran," kata Anies.

OSN ke-15 diadakan di Palembang pada 15-20 Mei 2016 yang diikuti oleh seluruh provinsi Indonesia. Jawa Tengah menjadi juara umum OSN 2016 dengan perolehan 18 emas, 21 perak, dan 46 perunggu.  Juara kedua dari DKI Jakarta dengan 16 emas, 33 perak, 33 perunggu dan diikuti Jawa Barat yang menyabet 10 emas, 21 perak, dan 17 perunggu.

(T.A071/B/A013/A013) 20-05-2016 21:54:09

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016