Jika ke Indonesia, saya biasanya ke Bali selama tiga hari, lalu ke Bandung. Maka, kesan saya tentang Indonesia ya hutan-hutan liar.
Jakarta (ANTARA News) - Jane Seymour, aktris Inggris-Amerika yang salah satunya berperan sebagai kekasih James Bond dalam "Live and Let Die" (1973) kembali ke berkunjung ke Indonesia setelah dua dekade berlalu. 

Sang aktris kini telah menggeluti dunia furnitur bersama Michael Amini, pemimpin eksekutif perusahaan furnitur Amini Innovation Corporation (AICO), menciptakan koleksi bergaya Hollywood sesuai gaya hidup Seymour yang telah berlangsung selama tujuh tahun. 

Kolektor batik ini merasa punya bakat alami dalam merancang dekorasi rumah yang disukai orang lain. Aktris berusia 65 tahun ini pandai mencari barang-barang antik dan menata dengan gaya mewah ala Hollywood.

Berikut adalah petikan wawancara mengenai kerjasama mereka di bidang furnitur, pendapat mengenai furnitur khas Indonesia, kesan mereka tentang Indonesia hingga siapa pemeran James Bond yang jadi favorit Seymour.

Bagaimana kisah awal kalian berkolaborasi?
Jane Seymour (Jane): Michael punya sederet koleksi furnitur yang terkenal. Kemudian dia mengajak saya membuat koleksi bersama-sama. Karena saya sudah bekerja dalam banyak film di Hollywood, saya tak asing dengan keglamoran. Sepertinya seru mengeksplorasi hal tersebut. Jadi kami berusaha membuat furnitur dengan tema Hollywood.

Seperti apa gaya Hollywood yang kalian buat?
Michael Amini (Michael): Furnitur kasual dan klasik dipadu kemewahan Hollywood. 

Jane: Banyak orang mencari tampilan baru, tampilan berbeda, itu yang bisa Michael berikan pada mereka. Dia memberikan kesan mewah lewat berlian yang berkilau. Awalnya ketika melihat saya menanggapinya dengan kata "umm...." tapi sekarang saya bilang "iya, ini bagus! Fantastis!". Tiap koleksi berbeda untuk memuaskan semua orang. Ada sebagian orang yang suka kontemporer, ada juga yang suka gaya antik. Ada sesuatu untuk semua orang.

Michael: Dan juga sesuatu yang berkilau. Semua orang suka sedikit kilauan.

Jane: Terutama kamu (menengok pada Amini). Kami memanggilnya Mr. Bling. Di koleksi Hollywood Swank kami juga punya koleksi baru yang lebih kecil ukurannya, jadi cocok untuk orang yang punya rumah atau apartemen lebih kecil. Saya senang karena koleksi ini bisa dimiliki orang yang punya rumah megah atau juga rumah mungil.

Bagaimana kalian mendekorasi rumah?
Jane: Saya punya enam anak dan empat cucu. Rumah saya di pantai. Rumah adalah tempat saya bekerja, jadi saya punya studio, tempat mengedit film, tempat menonton film. Tiap ruangan punya gaya yang berbeda. Dapur saya bergaya Prancis, ruangan keluarga semuanya putih dengan aksen berbeda, kadang blingy, kadang berwarna-warni, tapi saya suka elemen-elemen laut. 

Rumah saya bisa dilihat dalam buku (Making Yourself at Home), tapi yang tertera di situ adalah rumah dalam keadaan rapi (tertawa). Anak kembar saya yang berusia 20 tahun diizinkan mendekorasi sendiri kamarnya. Di lantai bawah, ada banyak elemen tradisional, saya juga punya furniturmu (pada Amini).

Michael: Kalau saya berkebalikan dengan Jane. Saya suka... kamu pernah lihat foto-foto lawas? Sejak saya berumur 14 atau 15 tahun, saya suka sekali pakai baju seperti orang Inggris. Saya suka formalitas Inggris. Mungkin saya harusnya lahir di Inggris, tapi entah kenapa itu tidak terjadi.

Jane: (menyela) Pria Inggris tidak pakai baju yang ngejreng sepertimu. Menurut saya, kamu cocok dengan gaya revolusi Prancis.

Michael Amini tampil necis dengan setelan formal bernuansa ungu dan abu-abu. Kemeja dan dasinya berwarna ungu muda dipadu jas abu-abu mudanya bermotif kotak-kotak. Sepatu dan kaos kakinya juga senada abu-abu. Sementara Jane Seymour tampil dengan gaun biru di atas lutut yang memperlihatkan tubuh langsing. Rambut panjangnya yang pirang digerai rapi.

Michael: Saya itu orangnya sangat formal. Rumahku juga sangat formal, itu gaya saya. Jujur saja, gayamu itu menggambarkan kepribadianmu, seperti apa perasaanmu. 

Pendapat kalian tentang furnitur tradisional Indonesia?
Jane: Saya suka sekali. Saya juga punya lukisan-lukisan Indonesia di rumah. Tapi kami tidak punya koleksi bergaya Indonesia (bersama Amini).

Ada rencana membuat koleksi bergaya Indonesia?
Jane: Mungkin kami bisa membuatnya, mengingat saya punya hubungan erat dengan Indonesia.

Michael: Kita harus berkolaborasi lebih banyak lagi karena kamu lebih tahu Indonesia dibandingkan saya.

Indonesia adalah tempat yang lebih familier di mata Seymour ketimbang Amini.  Pada masa penjajahan, ibu Seymour pernah tinggal selama 3,5 tahun. Aktris yang mendapat gelar Officer of the Order of the British Empire itu suka menyantap masakan Indonesia buatan sang ibu. Dengan fasih aktris yang juga merancang perhiasan Open Hearts menyebut nasi goreng, bakmi dan sambal sebagai makanan favorit. Bali menjadi salah satu tempat favorit keduanya dalam berlibur.

Kapan terakhir kali ke Indonesia?
Jane: Saya tidak ingat tepatnya... Tapi kira-kira dua puluh tahun lalu. Jika ke Indonesia, saya biasanya ke Bali selama tiga hari, lalu ke Bandung. Maka, kesan saya tentang Indonesia ya hutan-hutan liar (karena ia jarang ke Jakarta).

Michael: Saya ke sini enam tahun lalu, sejak itu saya suka bolak-balik ke Bali. Makin lama makin berkembang ya, begitu juga macetnya (tertawa).

Jane punya cerita tersendiri ketika kembali ke sini dua dekade lalu. Ia datang bersama ibunya untuk napak tilas mencari tempat tinggalnya ketika bermukim di Bandung pada masa penjajahan. Di bandara, seorang penggemar rupanya mengenali wajahnya.

Ketika mengetahui tujuan Jane ke Indonesia, si penggemar menawarkan diri untuk menemani dan membantunya mencari lokasi yang dimaksud. Salah satunya perkebunan teh di Bandung. Selama tiga hari, mereka berhasil menemukan tiga dari empat tempat yang dicari. Jane terharu dengan pengorbanan penggemar yang rela bolos bekerja demi membantu aktris idolanya.

Jane: Saya menulis surat ke bosnya untuk menjelaskan alasan dia tidak masuk kerja. Dia melakukan tugas yang sangat bagus. Dia masih muda dan saya yakin dia tidak kehilangan pekerjaan.

Dari sekian banyak film James Bond, mana yang paling Anda sukai?
Jane: Tentu di mana aku berperan di dalamnya dong. Film itu kesayanganku.

Siapa pemeran James Bond favorit Anda?
Jane: Pastinya Roger Moore. Tapi tiap generasi punya Bond yang keren. Pierce (Brosnan) melakukan tugas dengan baik, juga (Daniel) Craig.

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016