counter

Dua alasan Unpad anugerahkan doktor honoris causa kepada Megawati

Dua alasan Unpad anugerahkan doktor honoris causa kepada Megawati

Presiden lima Indonesia Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

kita melakukan kajian terhadap Ibu Megawati dan hasilnya kita menemukan pemikiran dan kebijakan yang pengaruhnya kuat sampai saat ini dari seorang sosok Ibu Megawati
Bandung (ANTARA News) - Universitas Padjadjaran (Unpad) menjelaskan dua landasan menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa bidang politik dan pemerintah kepada presiden kelima Indonesia sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Pertama ialah Unpad memperhatikan aspek akademik yang ada pada beliau yang menonjol, yakni unsur leadershipnya dan hal tersebut mempunyai korelasi dengan ilmu sosial dan politik di Unpad dan kami memerlukan produk pemikiran beliau untuk implementasi dalam tataran akademis," kata Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad di Bandung, Selasa.

Landasan kedua, lanjut dia, adalah Unpada memiliki hubungan emosional dengan putri proklamator kemerdekaan Indonesia itu karena Megawati alumnus Jurusan Peternakan Unpad pada 1965.

"Bu Megawati alumni Unpad dan dua landasan tersebut yang kami sampaikan dan alhamdulillah beliau merespon positif usulan ini," kata Tri.

Menurut dia, usul  doktor honoris causa ini telah disampaikan langsung oleh Unpad kepada Megawati pada Februari 2016. "Dan setelah melakukan pertemuan internal dalam mengembangkan atau melakukan diskusi dari sudut pandangan akademis Unpad, dalam hal ini Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Pandangan pentingnya, beliau tentu ingin mengetahui lebih jelas apa landasan kami mengusulkan gelar ini," kata Tri.

Ketua Tim Promotor Doktor Honoris Causa untuk Megawati, Obsatar Sinaga, mengungkapkan ada sejumlah pemikiran Megawati yang memiliki kolerasi dengan Ilmu Sosial dan Politik Unpad.

"Kami sebenarnya pertama kali menemukan sinkronisasi program strategis Unpad yakni Nyaah ka Jabar, Nyaah ka Rakyat. Dan saat itu kita melakukan kajian terhadap Ibu Megawati dan hasilnya kita menemukan pemikiran dan kebijakan yang pengaruhnya kuat sampai saat ini dari seorang sosok Ibu Megawati," kata Obsatar.

Salah satu pemikiran Megawati yang pengaruhnya dirasakan hingga kini, kata Obsatar, adalah Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional yang menjadi cikal bakal lahirnya Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS).

Acara penganugerahan gelar doktor kehormatan nini akan diselenggarakan esok Rabu, 25 Mei 2016, pukul 09.30 WIB, di Graha Sanusi Hardjadinata, Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur Nomor 35, Bandung.




Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar