Pada Selasa, 24 Mei 2016, telah dilakukan upacara peresmian Skyworth Southeast Asia Manufacturing Base bertempat di EJIP Industrial Park, Cikarang Selatan.

Peresmian dihadiri oleh pejabat Tiongkok yaitu Ma Xingrui Anggota Komite Central PKT yang juga Wakil Sekretaris Komite PKT Provinsi Guangdong dan selaku Sekretaris Komite PKT Shenzhen, Hu Xiao Shan Sekretaris Konsulat Bidang Ekonomi dan Perdagangan Kedutaan Besar Tiongkok untuk Indonesia, dan Huang Hongsheng Pendiri Skyworth, serta Lin Weiping Ketua Komisaris.

Seusai upacara peresmian, Ma Xingrui melakukan inspeksi di pabrik sekaligus bersilaturahmi dengan para staf Skyworth. 

Pada kesempatan itu, Ma Xingrui  sangat menantikan kesuksesan masa depan perkembangan basis manufaktur yang menginspirasikan para staf untuk bekerja keras dengan semangat tak mengenal lelah, serta mengetahui lebih dalam budaya lokal dan menjadi teladan bagi perusahaan Tiongkok yang berkembang di Indonesia.

Percepat Perintisan ke Pasar Dunia
Skyworth Southeast Asia Manufacturing Base sebelumnya adalah PT Toshiba Consumer Product Indonesia (TCPI) yang didirikan pada tahun 1996 adalah sebuah perusahaan asli Jepang. 

Belakangan ini sejumlah perusahaan Jepang berturut-turut alami kemunduran dari industri elektronik Indonesia karena masalah kenaikan biaya serta penurunan laba dan juga dikarenakan kebangkitan kuat para perusahaan asal Tiongkok.

Skyworth Corp bertolak dari kebutuhan strategis, memutuskan dengan cepat merintis pasar luar negeri, mengaturkan sistem rantai penyuplai luar negeri, dalam rangka membentuk platform layanan yang lebih kuat bagi bisnis luar negeri, sementara itu juga berupaya mencapai saling percaya bersama dengan pemerintah lokal, company, distributor dan para pelanggan. 

Oleh karena itu, Skyworth dengan sukses mengakuisisi pabrik TJP Toshiba di Indonesia. Yang sebelumnya Skyworth telah mengakuisisi Sinotec, merek elektronik terkenal Afrika Selatan pada September 2014 dan mengakuisisi Metz, merek elektronik mewah Jerman pada Juni Tahun 2015. Dengan demikian, Skyworth telah mempercepat langkah teguh menuju pasar dunia.

COOCAA Berkembang Pesat
Sejauh ini Skyworth Corp mamasarkan produknya dengan merek COOCAA di Indonesia.

Pengakuisisian TJP Toshiba Indonesia oleh Skyworth telah memberi inspirasi sangat besar bagi distributor Indonesia, dan sudah terdapat sejumlah distributor yang unik mulai berhubungan dengan COOCAA untuk menjalin kerjasama. 

Dalam keadaan yang memuaskan ini, merek COOCAA telah berkembang sangat pesat. Volume penjualan produk semester pertama mencapai tiga kali lipat dibandingkan masa sama tahun lalu. Yang terpenting adalah COOCAA sudah menjadi merek TV yang paling menonjol di pasar Indonesia dibandingkan produk asal Tiongkok lain.

Sun Weizhong, vice president yang juga general manager overseas sales of Skyworth menggambarkan pengakuisisian TJP Toshiba oleh Skyworth ini sebagai “kapal induk” yang akan membawa harapan kepada para distributor. 

”Beberapa tahun sebelumnya kami sudah kontak dengan sejumlah distributor yang unik, tapi mereka sempat menyaksikan ada beberapa merek asal Tiongkok keluar-masuk pasar ini semaunya, kurang stabil dan mantap, maka tidak mau bekerja sama dengan kami. Namun setelah pengakuisisian kali ini, dan ditambahkan lagi hasil kami terus maju, mereka kembali lagi untuk berminat bekerja sama dengan kami,” ujarnya.

Selain itu, karena kesuksesan bagi sebuah perusahaan di pasar Indonesia masih sangat mengandal jaringan distributor, maka COOCAA akan selalu menjaga kepentingan para distributor. 

Untuk melaksanakan pedoman yang dipegangnya itu, COOCAA selalu berkomunikasi dengan mereka, dengan aktif mencari mode bersama dan mendapatkan kepercayaan mereka dengan ketulusan dan hasil luar biasa.

Tindakan Signifikan
Pengakuisisian TJP Toshiba Indonesia merupakan langkah signifikan bagi perkembangan bisnis luar negeri Skyworth. 

Pertama, Indonesia merupakan salah satu negara anggota ASEAN adalah mitra kerja sama yang penting dalam hubungan Tiongkok-ASEAN, maka pembangunan basis rantai penyuplai Asia Tenggara dapat lebih baik menggunakan kebijakan tertentu di negara-negara kawasan ini supaya memberi dukungan kuat bagi layanan background Skyworth di pasar Asia Tenggara; kedua, Indonesia adalah negara berpopulasi keempat terbesar di dunia (populasi sekitar 250 juta orang), pasar TV berwarna juga bertumbuh cepat, dan dianggap sebagai negara berpotensi paling besar dalam seluruh negara anggota ASEAN di bidang pasar elektronika, pembangunan basis rantai penyuplaian di Indonesia dapat lebih baik melayani pasar Indonesia.

Pasar Asia Tenggara
Peresmian kali ini tidak hanya acara bagi pengakuisisian TJP Toshiba Indonesia oleh Skyworth, dan juga membebani ambisi Skyworth terhadap pasar Asia Tenggara. 

Rencana perkembangan masa depan Skyworth di pasar Asia Tenggara dimulai dari empat bidang: pertama, membentuk rantai penyuplaian menyatu yang berbasis Indonesia dan mencakupi seluruh pasar Asia Tenggara; kedua, berubah taktik operasional, yaitu meng-upgrade produknya dari mid to low range menjadi mid to high range; mencoba mengoperasional dual-brand “Toshiba” dan “Skyworth”; mencoba “on-line business” yang bertujuan untuk membesarkan proporsi pasarnya. 

ADVERTORIAL

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016