Bandung (ANTARA News) - Generasi kesepuluh Honda Civic yang mengusung mesin 1,5 liter VTRC Turbo dirancang dapat meminum bahan bakar hingga RON 87.

Meskipun begitu, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku pemegang merek resmi Honda di Indonesia merekomendasikan pemiliknya untuk menggunakan bahan bakar berkualitas pada RON 91 ke atas.

"Dari hasil pengetesan secara global, mobil bisa menggunakan bahan bakar terendah adalah menggunakan RON 87 pada kondisi tertentu. Kondisi tertentu misalnya lagi di suatu daerah dan tidak ada bahan bakar yang lebih baik," kata Technical and Warranty Manager Service Division HPM Muhamad Zuhdi, di sela acara media test drive All New Honda Civic di Sirkuit Sentul, Kab. Bogor, Selasa.

"Tetapi bahan bakar yang kami rekomendasikan adalah yang RON 91 ke atas," ujarnya.

Menurutnya, untuk bahan bakar bensin beroktan di bawah 91 sebaiknya hanya dalam keadaan darurat.

Sedangkan dampak yang terjadi jika menggunakan bahan bakar beroktan rendah, lanjutnya, performa mobil tak akan maksimal.

"Penggunaan bahan bakar dengan oktan rendah itu masalahnya ke efek knocking dan performa. Pada saat dia sudah meminum bahan bakar sesuai spek-nya, maka tidak akan terpengaruh pada performanya," jelas Zuhdi. Honda All New Civic baru diluncurkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) pada 7 April lalu. Berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya, Honda All New Civic menggunakan mesin 1.5L VTEC Turbo.

All New Civic dibanderol dengan harga Rp 475 juta berlaku untuk wilayah Jabodetabek.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016