Jakarta (ANTARA News) - Penyerang Ipswich Town Daryl Murphy mengakui masih perlu waktu lebih lama bagi Timnas Republik Irlandia untuk menemukan pencipta gol seproduktif Robbie Keane.

Kapten Timnas Irlandia itu memang memegang catatan impresif dalam soal mencetak gol dengan sudah menciptakan 67 gol dari 143 penampinan di timnas Irlandia.

Keane yakin masih banyak gol lainnya yang akan tercipta di tengah persiapannya mengikuti Euro 2016 di Prancis bulan depan.

Di tengah persiapan itu, Murphy digadang-gadangkan memikul tugas menggantikan Keane yang kini bermain sebagai striker LA Galaxy, dalam Timnas Irlandia.

"Seharusnya memang menyenangkan, namun Anda mesti menjadi striker yang sangat bagus untuk memecahkan rekor Robbie. Saya sungguh tidak bisa menyaksikan itu terjadi dalam waktu dekat ini," kata Murphy.

Seraya menyebut Keane sebagai legenda, Murphy memandang Keane sebagai acuan para pemain muda dalam menciptakan banyak gol.

"Saya sudah menyaksikan perjalanan karir dia dan dia telah melakukannya secara brilian, oleh karena itu ini akan menjadi masalah besar," kata Murphy.

"Dia senantiasa membawa suara dan pengaruh di ruang ganti, itulah dia. Dia baik sekali kepada semua anggota tim, siapa pun yang masuk skuad ini sejak hari pertama, dia akan mengajak Anda berbicara dan membuat Anda merasa diterima, itu hebat sekali bagi kami."

"Tapi dia tetap memberi banyak tantangan kepada kami. Jika Anda perlu gol, maka hanya ada satu orang yang bisa melakukannya untuk Anda dan dia membuktikan hal ini sepanjang karirnya," kata Murphy seperti dikutip Sky Sports.

Keane tidak lagi terjamin masuk starting line-up Republik Irlandia, namun dia tepat menjadi jimat tim baik di dalam maupun di luar lapangan.

Sebaliknya, Murphy yang berusia 33 tahun tengah frustasi dalam menciptakan gol pertamanya pada level internasional padahal sudah 20 kali tampil bersama timnas.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016