Jakarta (ANTARA News) - Tidak hanya situs dating online yang berkewajiban untuk menjaga keamanan penggunanya saat kencan online, pengguna sendiri juga harus menjaga perilaku mereka.

Dalam peluncuran situs edukasi onlinedatingaman.org, di Jakarta, Rabu, CEO biro jodoh online Setipe.com Razi Thalib berbagi tips aman kencan online.

Pertama, saat membuat akun, cari layanan yang terpercaya. "Pilih layanan yang kredibel, karena ada situs yang sengaja untuk penipuan, siapa orang dibalik situs itu harus jelas," kata Razi.

"Dan, paling penting klik 'tentang kami'. Informasi tentang pendiri dan kantor, jadi jelas siapa di belakang situs," sambung dia.

Kedua, jaga identitas pribadi. Razi sangat tidak menganjurkan untuk membagikan nomor ponsel apalagi alamat rumah. "Yang penting bukan info pribadi, tapi perspektif atau ketertarikan kita terhadap sesuatu, hobi misalnya. It's about us, but not about location," ujar dia.

Ketiga, jaga password. Razi juga mengingatkan untuk selalu memastikan akun sudah keluar (log out), terutama saat menggunakannya di perangkat umum.

Selanjutnya, saat bertemu dengan pasanganan di dunia maya, Razi menyarankan untuk tidak memberi nomor ponsel sebelum mengenal pasangan lebih jauh.

Razi juga menganjurkan untuk tidak terburu-buru mengajak bertemu pasangan. Dia juga menekankan untuk tidak melakukan kegiatan apa pun yang berkaitan dengan akun bank, transfer misalnya.

Sebaliknya, melakukan investigasi lanjutan lewat Google dan media sosial sangat disarankan.

"Kalau misal lebih terbuka di sosmed membantu memastikan ini orangnya benar atau tidak, setidaknya melihat sisi kehidupannya," ujar Razi.

"Minimum seminggu ngobrol dulu, biar kelihatan sifatnya bagaimana, baru kopdar (kopi darat)," tambah dia.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016