Malang (ANTARA News) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Malang menggelar operasi harga kebutuhan sembilan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional menjelang Ramadhan 2016.

"Dari operasi atau pemantauan terhadap harga sejumlah bahan pangan pokok ini ada yang mengalami kenaikan dan penurunan. Yang paling tinggi angka kenaikan harganya adalah daging sapi, yakni mencapai Rp114 ribu per kilogram," kata Kepala Disperindag Kota Malang, Jawa Timur Tri Widyani di Malang, Rabu.

Menurut Tri Widyani yang akrab dipanggil Yani itu, operasi harga di pasar-pasar tradisional itu akan dilakukan selama satu bulan penuh, mulai awal Ramadhan hingga Lebaran 2016 dengan tujuan stabilisasi harga kebutuhan bahan pangan pokok.

Dengan mengetahui harga berbagai kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional, lanjutnya, Disperindag bisa mematok bahan pangan yang dijual pedagang, seperti gula pasir, telur, minyak goreng, tepung terigu, daging ayam potong, maupun daging sapi.

"Sampai sekarang kami masih koordinasikan dan rapatkan dengan Pemprov Jatim. Namun demikian, bukan berarti kami diam saja, kami juga sudah melakukan pemantauan dan operasi harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisioanl di daerah ini," ujarnya.

Yani mengakui di setiap pasar mematok harga yang berbeda-beda, meski selisihnya tidak terlalu signifikan. Hanya di Pasar Oro-oro Dowo saja yang harganya sedikit lebih tinggi dibanding pasar-pasar tradisional lainnya.

Menyinggung kebutuhan daging sapi di Kota Malang, Yani mengakui cukup tinggi karena menjadi pusat permintaan dari beberapa daerah.

"Permintaan ini belum dari masyarakat di Kota Malang sendiri yang juga cukup tinggi, sehingga harganya pun juga melambung," tuturnya.

Dari beberapa pasar tradisional yang ada di Kota Malang, harga daging sapi di Pasar Oro-oro Dowo paling tinggi, yakni seharga Rp114 ribu per kilogram, di Pasar Blimbing seharga Rp95 ribu dan di Pasar Merjosari rata-rata seharga Rp95 ribu hingga Rp98 ribu per kilogram.

Sementara itu, harga komoditas lain yang dalam beberapa pekan terakhir ini mengalami kenaikan adalah telur ayam buras, dari seharga Rp18 ribu per kilogram menjadi Rp20 ribu sampai Rp21 ribu per kilogram, bawang merah menjadi Rp38 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp27 ribu-Rp30 ribu. Sedangkan bawang putih tetap seharga Rp30 ribu per kilogram.

Daging ayam potong juga mengalami kenaikan, dari Rp27 ribu-Rp28 ribu per kilogram menjadi Rp30 ribu per kilogram. Sementara komoditas sayur-sayuran, seperti wortel, kol gepeng dan kentang stabil. Hanya brokoli yang naik cukup signifikan menjadi Rp26 ribu per kilogram dari harga Rp16 ribu-Rp20 ribu per kilogram.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016