London (ANTARA News) - Rafael Benitez menandatangani kontrak tiga tahun untuk tetap melatih Newcastle United setelah menyetujui untuk mewujudkan hasrat mereka agar secepatnya kembali ke Liga Utama Inggris, umum klub itu seperti dikutip Reuters.

Benitez yang musim lalu menangani Real Madrid dikontrak oleh Newcastle Maret silam untuk membawa tim ini keluar dari zona degradasi, namun misi itu gagal dia capai.

Manajer asal Spanyol berusia 56 tahun itu hanya memenangkan tiga dari 10 pertandingan yang dia pimpin sehingga Newcastle finis pada urutan 18 atau dua poin di bawah rival sekota yang berhasil bertahan di Liga Utama Inggris, Sunderland, yang menempati posisi 17.

Benitez, yang mengambilalih tugas Steve McClaren, memiliki sebuah klausa dalam kontraknya yang membolehkannya hengkang dari St James' Park jika Newcastle terdegradasi ke divisi dua Championship, namun dia malah menandatangani kontrak baru yang membuatnya tetap di klub ini sampai 2019.

"Saya senang sekali tetap di Newcastle United," kata Benitez yang pernah membawa trofi Liga Champions untuk Liverpool pada 2005.

Kendati tidak berhasil menyelamatkan Newcastle dari degradasi, Benitez telah memenangkan hati penggemar berkat penampilan timnya yang berkembang pesat.

Di bawah asuhannya, Newcastle enam kali tidak terkalahkan dan mengakhiri musim lalu dengan menang besar 4-1 melawan Tottenham Hotspur.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016