Pahami ancaman bangsa menyangkut narkoba, korupsi, kesenjangan sosial, radikalisme dan terorisme, dan area rawan bencana. Pahami area-area itu,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta para kepala daerah untuk melakukan pemetaan sekaligus memahami area rawan di daerahnya.

"Pahami ancaman bangsa menyangkut narkoba, korupsi, kesenjangan sosial, radikalisme dan terorisme, dan area rawan bencana. Pahami area-area itu," kata Tjahjo dalam pembukaan Diklat Kepala Daerah Angkatan Ke-2 di Gedung BPSDM Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Kamis.

Tjahjo juga berharap para kepala daerah hasil Pilkada serentak 2015 peka terhadap masalah yang berkembang di masyarakat, bisa mendengarkan aspirasi rakya,t dan tak menyalahgunakan wewenangnya.

"Kepala daerah dipilih rakyat, harus amanah dan memahami apa yang menjadi aspirasi masyarakat daerah, harus mampu mengorganisasi masyarakat di daerah," kata dia.

Di tempat yang sama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau kepala daerah lebih mawas diri.

"Jangan sampai kepala daerah terjerat korupsi setelah mendapatkan amanah dari masyarakat," kata Luhut.

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016