Palangka Raya, Kalimantan Tengah (ANTARA News) - Anggota DPR dari partai Gerindra sekaligus Ketua Komisi IV DPR, Edhy Prabowo, menilai Indonesia sebaiknya berhati-hati dalam melangkah pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), salah satunya demi melindungi pasar dalam negeri. 

"MEA, sebaiknya kita tidak usah ikut. Dari dulu kami (Gerindra) sarankan tidak ikut, demi melindungi pasar dalam negeri dan petani," tutur dia, di sela pelaksanaan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Palangka Raya, Jumat. 

Dia mengatakan, sebaiknya pemerintah lebih melindungi petani yang bagian dari ketahanan pangan dan pertahanan negara. Terlebih saat ini, lanjut dia, masalah kedaulatan pangan dalam negeri menjadi urusan paling berat yang dihadapi negeri ini. 

"Saya pikir kita belum siap dengan MEA. Sekarang urusan paling berat, menjaga kedaulatan pangan dalam negeri. Tidak sulit menurut saya," kata dia. 

Dalam hal ini, menurut dia, negara melalui Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perekonomian harus hadir melindungi petani.

Pewarta: Lia Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016