Jayapura (ANTARA News) - Manajemen PT. Pelni menyiapkan lima kapal penumpang yang akan berlabuh di Pelabuhan Jayapura dalam menghadapi libur panjang pada Juni dan Juli 2016.

"Kesiapan armada kami jelang puasa, lebaran dan libur sekolah, Pelni menyiapkan lima armada," ujar Kepala PT Pelni Cabang Jayapura, Kamaruzzaman di Jayapura, Jumat.

Ia menyebut jumlah tersebut sama dengan rutinitas biasanya dan diyakini daya tampungnya mampu melayani lonjakan penumpang yang akan terjadi, terutama menjelang Idul Fitri.

"Kita tidak menambah armada, begitu pun dengan rute baru. Karena satu pekan jelang lebaran masih ada dua kapal masuk Pelabuhan Jayapura," kata dia.

Diungkapkannya bahwa harga tiket kapal Pelni diturunkan sebesar 3 persen sejak 1 Mei 2016, namun hal tersebut belum berimbas pada lonjakan penumpang.

"Belum terlihat lonjakan penumpang pasca harga tiket diturunkan, padahal kita sudah publikasi dan menyampaikan kepada masyarakat pengguna kapal Pelni ada penurunan harga," ujarnya.

Sebelumnya Kamaruzzaman juga sempat mengatakan pihaknya telah mengangkut 72.805 penumpang selama triwulan I 2016 dari Pelabuhan Jayapura yang sebagian besar tujuannya ke daerah sekitar Papua dan Papua Barat.

"Jumlah penumpang yang datang maupun berangkat menggunakan kapal Pelni terbanyak di bulan Januari 2016. Pada bulan tersebut jumlah penumpang datang 13.035 orang, sementara yang berangkat sebanyak 20.346 orang," kata dia.

Pewarta: Dhias Suwandi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016