Surabaya (ANTARA News) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo terpilih secara aklamasi sebagai ketua Partai Demokrat setempat periode 2016-2021 pada musyawarah daerah di Surabaya, Sabtu.

"Selamat kepada Soekarwo karena dipercaya oleh peserta Musda kembali memimpin Demokrat Jatim," ujar Ketua bidang pembinaan Organisasi Keanggotaan dan Kader (OKK) DPP Partai Demokrat Pramono Edhie Wibowo di sela-sela penutupan Musda Partai Demokrat Jatim itu.

Dengan demikian, maka Soekarwo sudah dua kali memimpin partai politik berlambang segitiga mercy itu.

Pramono Edi mengaku bangga dan puas dengan Musda Demokrat Jatim karena berlangsung dengan mengedapankan asas musyawarah untuk mufakat.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat itu berharap ketua terpilih bisa segera melanjutkan tugas yang selama lima tahun ini belum selesai, sekaligus secepatnya membentuk kepengurusan baru agar bisa menyiapkan Muscab DPC-DPC Demokrat di Jatim.

"Kapan pun saya siap ke Jatim menghadiri muscab. Saran saya agar cepat selesai, muscab dibagi menjadi tiga atau empat kelompok sesuai wilayah supaya efisien biaya dan waktu," ucap kakak ipar mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut.

Berdasarkan catatan DPP, dari 34 provinsi yang sudah menggelar musda masih 11 provinsi, termasuk Jatim.

Sementara dari 514 pengurus kabupaten/kota, yang sudah menggelar muscab adalah Sulawesi Barat, Kepulauan Riau, Kalimantan Utara tinggal satu kabupaten, Kalimantan Timur tinggal dua kabupaten, Bali tinggal satu kabupaten dan Aceh dari 23 kabupaten/kota baru menyelesaikan enam daerah.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Demokrat Jatim terpilih, Soekarwo mengaku berterima kasih dan bersyukur karena dipercaya kembali memimpin Partai Demokrat Jatim.

"Ini adalah beban dan tanggung jawab sekaligus pengabdian saya untuk mengangkat kembali suara Partai Demokrat serta mengangkat harkat dan martabat rakyat Jatim mencapai keadilan dan kemakmuran," katanya.

Pria yang akrab disapa Pakde Karwo tersebut juga memohon maaf jika dalam kepemimpinannya lima tahun terakhir masih banyak tugas dan janji-janji yang belum terealisasi.

"Yang namanya manusia tak lepas dari kekurangan. Namun ke depan, program-program hasil kongres harus dilaksanakan dengan baik supaya Demokrat bisa kembali berjaya," katanya.

Di tempat sama, Ketua DPC Demokrat Kabupaten Mojokerto Renville Antonio mengatakan tim formatur yang bertugas menyusun kepengurusan terdiri dari tujuh orang, yaitu ketua terpilih merangkap sebagai ketua tim formatur, Soekarwo.

Berikutnya, perwakilan DPP yaitu Pramono Edhie Wibowo, perwakilan DPD Sri Subiati dan M Rizal, perwakilan DPC terdiri dari Efi (Kabupaten Pasuruan), Abdul Salam (Kabupaten Sampang), dan Indartato (Bupati Pacitan).

"Sesuai AD/ART, tim formatur diberi waktu 14 hari menyusun susunan kepengurusan baru, kemudian diserahkan kepada DPP agar segera mendapatkan pengesahan," kata Wakil Ketua Komisi C DPRD Jatim tersebut.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016