Jadi, stem cell itu ada yang berasal dari embrionik. Tubuh kita punya asal muasal yang namanya stem cell. Pada saat kita mengambil kulit, lemak, atau sumsum tulang, itu bisa diprocessing ke bentuk awal lagi yang bisa membelah menjadi struktur jaringa
Makassar (ANTARA News) - Para dokter ahli dari Benua Asia dan Amerika menghadiri Rapat Ilmiah Tahunan Perhimpunan Dokter Bedah Plastik Rekonstruktif dan Estetika Indonesia di Makassar untuk mengulas terapi stem cell.

"Dalam waktu dekat terapi Stem Cell di Makassar sudah bisa. Tidak perlu lagi bayar mahal-mahal ke luar negeri karena sudah ada di Makassar," ujar dr Marhaen Hardjo, Ph.D ahli Stem Cell di Makassar, Minggu.

Beberapa pembicara diantaranya ; Hiroshi Mizuno, Rica Tanaka dari Jepang, Natalie Brenner (Germany), David J. David (Australia) dengan materi estetika wajah counturing. Rong-Min Baek dari Korsel materi bedah estetika skeleton facial, dan Natalie Brenner dari Germany materi sel induk bedah kecantikan.

Marhaen mengatakan, dalam waktu tidak lama lagi Masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel) tidak perlu lagi ke luar negeri apabila ingin melakukan terapi Stem Cell. Sebab, terapi ini akan hadir tidak terlalu lama di Makassar, tepatnya di Rumah Sakit (RS) Unhas.

Disebutkannya, dengan perkembangan dunia teknologi informasi seperti ini, banyak perusahaan obat menawarkan atau menjual produk yang mereka sebut stem cell dengan harga sangat mahal.

"Di sini kami akan meluruskan dan memberi pemahaman kepada masyarakat tentang kegunaan dan fungsi stem cell, apalagi harga yang ditawarkan secara online itu sangat mahal," jelasnya.

Marhaen menjelaskan, seluruh tubuh memiliki stem cell. Sewaktu manusia masih dalam kandungan, sebelum menjadi tubuh, bentuknya masih berbentuk stem cell.

"Jadi, stem cell itu ada yang berasal dari embrionik. Tubuh kita punya asal muasal yang namanya stem cell. Pada saat kita mengambil kulit, lemak, atau sumsum tulang, itu bisa diprocessing ke bentuk awal lagi yang bisa membelah menjadi struktur jaringan," ungkapnya.

Ia mencontohkan, pada saat sakit jantung, lemak dapat diambil kemudian diprocessing. Setelah itu, dimasukkan ke dalam tubuh. Stemcell ini akan membelah menjadi jaringan di mana tempat dia berada.

Pewarta: Muh Hasanuddin
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016