Jakarta adalah rumah dari Sekretariat ASEAN dan Indonesia adalah pemimpin penting di antara negara-negara anggota ASEAN,"
Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Jepang untuk ASEAN Kazuo Sunaga mengatakan Indonesia merupakan pemimpin penting di ASEAN, mengingat luas geografis dan jumlah penduduk yang terbesar di kawasan.

"Jakarta adalah rumah dari Sekretariat ASEAN dan Indonesia adalah pemimpin penting di antara negara-negara anggota ASEAN," kata Dubes Kazuo Sunaga di Kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Senin.

Kazuo Sunaga melakukan kunjungan kehormatan kepada Wapres Jusuf Kalla dalam rangka memperkenalkan diri sebagai dubes baru Jepang untuk ASEAN periode 2016-2019.

Selain itu, Sunaga menyampaikan bahwa bersama dengan pemerintah Indonesia, Jepang ingin memperkuat institusi Konferensi Tingkat Tinggi Asia Timur (EAS).

EAS melibatkan sepuluh negara anggota ASEAN plus Jepang, Australia, Amerika Serikat, India, Korea Selatan, Selandia Baru, Rusia, dan Tiongkok.

Salah satu contoh peran Indonesia yang dinilai signifikan dalam EAS adalah disepakatinya kerja sama maritim di antara negara-negara Asia Timur yang di dalamnya, termasuk kesepakatan untuk menjaga stabilitas di kawasan dalam KTT EAS di Malaysia, November 2015.

Dubes Sunaga juga menyinggung peran Indonesia sebagai tuan rumah Pertemuan Duta Besar-Duta Besar EAS di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

"Pertemuan para duta besar EAS itu pertama kali diadakan di Jakarta yang menjadi sebuah iktikad baik untuk meneruskan perkembangan EAS, bersama dengan pemerintah Indonesia," kata dia.

"Oleh karena itu, saya ingin melihat peran-peran lainnya yang akan dilakukan Indonesia," lanjut Sunaga.

Dubes Kazuo Sinaga akan bertugas sebagai wakil Jepang di ASEAN untuk periode 2016-2019, menggantikan Dubes Koichi Aiboshi.

Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016