pemerintah berkomitmen untuk menjaga ketersediaan dan harga, khususnya komoditas seperti bawang merah, beras, gula pasir dan daging sapi
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah berkomitmen menjaga ketersediaan pasokan bahan pangan pokok dan harga kebutuhan masyarakat tersebut yang masih naik dibandingkan dengan tahun sebelumnya khususnya menjelang Ramadhan nanti.

"Kami sudah melakukan rapat koordinasi, dalam rangka menghadapi puasa dan Lebaran 2016 ini, pemerintah berkomitmen untuk menjaga ketersediaan dan harga, khususnya komoditas seperti bawang merah, beras, gula pasir dan daging sapi," kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman pada jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Amran mengatakan pemerintah terus berupaya menjaga pasokan bahan pangan pokok khususnya selama Ramadhan yang salah satunya dengan mensinergikan beberapa kementerian terkait seperti Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan.

"Upaya pasokan sejauh mungkin akan dimobilisasi dari penghasil produksi, petani, peternak, dan menambah melalui impor seperlunya untuk menekan harga," ujar Amran.

Amran menambahkan, semua kementerian, khususnya Kementan, KemenBUMN dan Kemendag, secara koordinatif berupaya memenuhi kebutuhan dan tingkat harga yang memberikan tingkat keuntungan yang cukup bagi produsen, peternak atau petani serta harga yang wajar dan terjangkau pada konsumen.

Pemerintah juga akan mengawasi bahan kebutuhan pokok itu untuk menghindari spekulasi selama Ramadhan dan juga mengawasi penjualan produk pangan yang tidak memenuhi persyaratan dan keamanan konsumen.

Untuk memperpendek jalur distribusi dan memberikan akses harga yang murah untuk masyarakat, pemerintah juga akan melakukan Operasi Pasar oleh BUMN yang ditugaskan atau juga swasta.

Berdasarkan data Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan, harga rata-rata nasional bawang merah tercatat sudah mengalami penurunan menjadi Rp40.624,29 pada Selasa (31/5) dari sebelumnya minggu lalu sebesar Rp42.441,18 per kilogram.

Sementara untuk beras kualitas medium, tercatat Rp10.573,49 per kilogram, daging sapi sebesar Rp113.375,22 per kilogram yang naik jika dibandingkan minggu sebelumnya yang sebesar Rp111.53476 per kilogram. Untuk gula pasir, masih berada pada kisaran harga tinggi yakni Rp15.516,51 per kilogram.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016