Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Taruna Putih (TMP) Maruarar Sirait mengatakan Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara akan tetap eksis serta berdiri kokoh jika anak muda secara sungguh-sungguh mengamalkan nilai-nilainya.

"Pancasila akan kokoh tergantung anak muda. Anak muda yang bermacam profesi dari aktivis sampai artis harus mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan nyata," kata Maruarar Sirait pada acara dialog "Pancasila di Mata Orang Muda" di Jakarta, Selasa (31/5).

Menurut anggota DPR dari F-PDIP itu, nilai yang harus dijalankan dalam konteks kekinian adalah bagaimana anak muda mengamalkan semangat  pluralisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain itu, kata Maruarar, nilai Pancasila akan eksis apabila idelogi yang mulia itu bisa dirasakan langsung oleh masyarakat dalam kehidupannya, yaitu masyarakat yang adil dan sejahtera.

"Jika kesenjangan makin berkurang berarti nilai-nilai Pancasila bener-benar diraskan oleh masyarakat," katanya.

Hadir dalam diskusi sejumlah tokoh muda seperti Keua Umum Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Vivin Sri Wahyuni, Presidium Nasional Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Chrisman Damanik, Ketua Umum Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Kartika Nur Rakhman, artis Olga Lidya dan sebagai moderator Berverly Gunawan.

Vivin Sri Wahyuni mengungkapkan bahwa untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila, masyarakat Indonesia harus menjujung tinggi nilai-nilai kemanusian.

Menurutnya untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan seperti tujuan bangsa ini dibentuk harus kembali pada nilai-nilai Pancasila.

Sementara itu, Chrisman Damanik menuturkan bahwa nilai-nilai pancasila apabila dijalankan secara sungguh-sungguh mampu menyelesaikan permasalah bangsa yang kian kompleks ini, karena Pancasila lahir dari jiwa masyarakat Indonesia.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016