Jakarta (ANTARA News) - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), menilai peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2016 merupakan momentum menumbuhkan komitmen yang kuat menjaga nilai-nilai berbangsa dan bernegara dalam masyarakat yang pluralistik.

"Kita berterima kasih sebesar-besarnya kepada para pendiri bangsa kita yang dengan cerdas telah meletakkan nilai-nilai luhur yang kuat sebagai fondasi berdirinya bangsa Indonesia," katanya, di Jakarta, Rabu.

Ibas mengaku bangga dan kagum bangsa Indonesia memiliki dasar negara yang kuat, kokoh, teruji dan terbukti mampu melewati sejarah perjalanan bangsa yang penuh dinamika dan tantangan.

Menurut dia, Pancasila sudah teruji dan tetap kokoh berdiri tegak melewati sejarah perjuangan bangsa yang penuh pengorbanan.

"Kita patut bangga sebagai bangsa memiliki dasar negara yang kuat, mampu melewati demensi perubahan sosial masyarakat Indonesia, mampu melewati persoalan bangsa yang multi demensi, senantiasa kuat dan kokoh menghadapi tantangan globalisasi," ujarnya.

Ibas juga mengapresiasi masyarakat yang sangat antusias menyambut Keppres tentang hari lahir Pancasila ini.

Menurut dia, 1 Juni 2016, bangsa Indonesia kembali memperoleh kesempatan mendapatkan dorongan semangat kebangsaan untuk memaknai Pancasila semakin mendalam.

"Saya apresiasi respon masyarakat yang terus mendorong dan mendukung pemerintah menetapkan 1 Juni sebagai Peringatan Hari Kelahiran Pancasila," katanya.

Menurut dia, ada momentun yang baik kembali memaknai dan mengamalkan secara maksimal nilai-nilai dasar negara kita.

Dia menilai, hidup berdampingan dan penuh keteladanan membangun bangsa harus menjadi bagian dari generasi muda saat ini. 

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016