Batam (ANTARA News) - Sebanyak 63 peserta mengikuti Explorer Kepri Full Adventure Offroad 2016, 1-4 Juni yang secara resmi dibuka dan dilepas oleh Gubernur Kepri Nurdin Basirun di halaman Polda Kepri, Batam, Rabu.

"Kepri punya potensi wisata yang luar biasa besar. Dengan kegiatan ini diharapkan peserta bisa menikmati keindahan Kepri sehingga kunjungan wisatawan akan semakin meningkat," kata Gubernur Kepri usai melepas peserta di Polda Kepri, Batam, Rabu.

Kegiatan tersebut dimulai dari Batam pada Rabu siang dengaan rute menuju Pulau Bintan untuk menikmati berbagai keindahan alam dan tantangan yang ada pada wilayah tersebut. Kegiatan akan berkhir di Pulau Dompak Tanjungpinang pada 4 Juni nanti.

"Ini sejalan dengan program Presiden Joko Widodo yang ingin menggali potensi wisata pada seluruh wilayah Indonesia. Dengan agenda ini kami juga ingin Kepri lebih dikenal secara nasional dan internasional," kata Nurdin.

Pemerintah Provinsi Kepri, kata dia, berupaya menjadikan Kepri lebih baik, lebih nyaman sehingga lebih bisa dinikmati oleh masyarakat, wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

"Kami ingin lebih memperkenalkan Kepri kedunia luar dengan berbagai kegiatan baik budaya, olahraga. Sehingga Kepri akan lebih diminati sebagai salah satu tujuan utama pariwisata Indonesia," kata dia.

Kapolda Kepri Brigjen Pol Sam Budigusidan mengatakan penyelenggaraan kegiatan tersebut juga terbalut dalam kerangka program Impian Anak Pulau, sebuah program yang diusung oleh masyarakat Kepulauan Riau dan merupakan upaya bersama masyarakat menjadikan Tanjungpinang sebagai negeri yang bebas dari segala bentuk penyalahgunaan narkoba.

Selain itu peserta juga dapat melihat budaya juga potensi keindahan alam dan wisata mulai dari Kota Batam, Pulau Bintan, hingga ke Tanjungpinang.

"Potensi pariwisata yang ada dapat diperkenalkan secara luas untuk dapat memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi masyarakat Kepri," kata Kapolda yang juga menjadi peserta.

Kegiatan Offroad tersebut disinergikan bersamaan dengan rangkaian peringatan HUT Bhayangkara yang diharapkan juga meningkatkan kecintaan masyarakat pada kepolisian.

Pewarta: Larno
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016