Berlin (ANTARA News) - Tiga pria Suriah yang dicurigai memiliki kaitan dengan ISIS telah ditahan di Jerman atas dugaan merencanakan serangan di Berlin, kata Kantor Kejaksaan Federal Jerman, Kamis.

Dalam pernyataan, diungkap mereka adalah Hamza C (27 tahun), Mahood B (25 tahun), dan Abd Arahman AK (31 tahun), yang semuanya telah ditahan di negara bagian North Rhine-Westphalia, Brandenburg, dan Baden-Wuerttemberg. Rumah-rumah mereka digeledah.

Kejaksaan Federal Jerman juga mengatakan perintah penahanan telah dikeluarkan terhadap satu pria Suriah lainnya, yaitu Saleh A (25 tahun).

Dua dari para tersangka, yaitu Saleh A dan Hamza C, telah bergabung dengan ISIS di Suriah pada musim semi 2014. Keduanya menerima tugas dari para pemimpin ISIS untuk melakukan serangan di kota tua Duesseldorf di Jerman bagian barat, kata kantor kejaksaan.

Mereka kemudian membujuk pria-pria lainnya untuk ikut mengambil bagian dalam serangan, kata kejaksaan.

Saleh A dan Hamza C sebelumnya berencana membuat kedua pria tersebut meledakkan diri sendiri di Heinrich-Heine-Allee, jalanan sibuk di pusat kota. 

Kemudian, para penyerang lain diharapkan bisa membunuh sebanyak mungkin pejalan kaki dan orang yang berlalu-lalang dengan menggunakan senapan dan bahan-bahan peledak, kata pernyataan itu.

Kejaksaan Federal Jerman mengatakan tidak ada bukti bahwa para tersangka sudah mulai mewujudkan rencana-rencana serangan mereka. 

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016