Saya sudah bermain dengan bagus pada game pertama
Jakarta (ANTARA News) - Tunggal putra Indonesia Ihsan Maulana Mustofa melangkah ke semifinal Indonesia Open Super Series Premier 2016 setelah mengalahkan pemain Inggris Rajiv Ouseph 17-21, 21-12, 21-12, pada perempat final di Stadion Istora Senayan, Jakarta, Jumat.

Pada game pertama, Ihsan seakan dikendalikan pemain peringkat 15 dunia itu dan banyak membuang bola keluar garis lapangan. Ihsan tertinggal 7-10 setelah sempat menyamakan kedudukan 3-3, 5-5, dan 7-7.

Rajiv tampak tenang dengan sedikit pergerakan di lapangan untuk mengembalikan bola-bola pemain muda asal Tasikmalaya itu. Rajiv juga sering menunggu bola-bola Ihsan di depan net dan dengan mudah mengembalikan bola mentah yang melewati net.

Ihsan terus tertinggal meskipun telah berusaha mengejar dengan dropshot dan serangan menyilang melalui net. Rajiv pun unggul 10-7, 15-11, 18-15, dan mengambil game pertama 21-17.

Takluk pada game pertama, pemain asal klub Djarum Kudus itu mulai bangkit pada game kedua dengan permainan reli-reli dan menyerang. Pemain berusia 20 tahun itu menyamakan kedudukan 10-10 dan terus menekan pemain kelahiran London itu pada game kedua. Sementara Rajiv tampak tidak banyak bergerak dan pukulannya kerap membentur net ataupun jauh melewati garis lapangan. Ihsan meraih game kedua 21-12.

Pemain tunggal putra Merah-Putih itu hampir kehilangan game ketiga saat Rajiv berusaha bangkit dengan kedudukan 6-1. Tapi, Ihsan mengejar dari 1-5 menjadi 3-6 dengan bola-bola lob belakang dan menyilang di atas net.

Ihsan meraih momentum setelah mengimbangi 7-7 pada game ketiga. Meskipun tidak sering melakukan serangan mendadak depan net, Ihsan tampil yakin dengan pola permainannya yang melesatkan smes dari sisi belakang lapangan. Tungal putra Merah Putih itu menutup permainan 21-12.

"Saya sudah bermain dengan bagus pada game pertama. Tapi, dia dapat meningkatkan permainannya pada game kedua dan kembali bangkit pada pertengahan game ketiga," kata Rajiv selepas pertandingan.

Rajiv mengaku tidak terkejut dengan penampilan Ihsan meskipun laga perempat final turnamen berhadiah total 900 ribu dolar AS itu merupakan pertemuan pertama kedua pemain itu.

Pada putaran semifinal yang akan berlangsung pada Sabtu (4/6), Ihsan akan menunggu pemenang pertandingan antara atlet andalan Malaysia Lee Chong Wei dengan pemain China Wang Zhengming. 

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016