Palembang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, menyiapkan model transfortasi bus air yang akan mengantar para wisatan menuju sejumlah lokasi wisata di bantaran Sungai Musi.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Palembang M Safri Nungcik di Palembang, Senin, mengatakan bus air ini akan terhubung ke lokasi wisata Kampung Kapitan, Kampung Arab Al Munawar, kawasan 14 Ulu, dan kawasan 10 Ulu dan Pulau Kemaro.

"Dalam perencanaan Kota Palembang disebutkan bahwa kota ini memanfaatkan seluruh model transfortasi yakni darat, sungai dan udara. Untuk sungai akan dihidupkan, dalam arti bukan untuk angkutan barang dan orang saja tapi juga untuk wisata," kata Safri.

Ia mengemukakan ide kreatif membuat jalur khusus bus air ke lokasi wisata itu tak lain untuk mendongkrak sektor pariwisata Kota Palembang.

Kota ini mencontoh Bangkok, Thailand yang mampu mengambil keuntungan atas keberadaan sungainya sebagai lokasi wisata terkemuka di Asia.

"Jika ini dikemas dengan baik, saya optimistis bahwa Kota Palembang bakal menjadi kota wisata sungai pertama di Indonesia," kata Safri.

Palembang sudah bekerja sama dengan BUMN PT ITDC untuk menggarap sektor pariwisata yang sedang digenjot menjelang pelaksanaan Asian Games ke-18 tahun 2018.

Dalam rencana kerja sama itu akan dibangun sebuah hotel setinggi 20 lantai di kawasan Sungai Musi dengan investasi sekitar Rp200 miliar.Kerja sama juga dilakukan dengan jaringan hotel ternama Sahid Grup.

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016