counter

Prediksi Argentina vs Cile

Oleh A.A. Ariwibowo

Prediksi Argentina vs Cile

Lionel Messi (AFP PHOTO / JUAN MABROMATA )

Santa Clara (ANTARA News) - Selaksa tanda tanya menerpa langit di Amerika Serikat seputar kebugaran dan kesiapan Lionel Messi memperkuat Argentina ketika melawan Cile dalam laga pembuka Grup D Copa America Centenario 2016.

Tim Tango akan meladeni perlawanan juara bertahan Cile dalam duel yang akan dihelat di Stadion Levi's, Santa Clara, California pada Selasa, pukul 09.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh Kompas TV.

Messi ditarik ke luar lapangan di babak kedua ketika skuad berjuluk La Albiceleste itu menang 1-0 atas Honduras dalam laga persahabatan yang digelar pada pekan lalu. Asosiasi sepak bola Argentina (AFA) melukiskan kondisi yang menerpa pemenang lima kali Ballon d'Or sebagai "segera pulih dari cedera bagian tulang rusuk dan tulang belakang".

Penyerang yang kini berusia 28 tahun itu terlihat kembali berlatih jelang laga melawan Cile. Hanya saja AFA pada Sabtu pekan lalu menegaskan bahwa "situasi berbeda" ketika memang panggilan dari timnas yang memerlukan kiprah Messi.

Kedua tim pernah bersua dalam babak penyisihan Piala Dunia pada Maret lalu. Argentina menang 2-1 atas Cile. Apakah skuad asuhan pelatih Gerrardo Martino mampu menekuk skuad arahan Juan Antonio Pizzi?

Baik Argentina maupun Cile berada dalam grup D bersama dengan Panama dan Bolivia. Kedua tim sama-sama menanti hasil positif agar dapat menuai hasil gemilang.

Gelandang Argentina Augusto Fernandez mengungkapkan bahwa kedua tim sama-sama berada di bawah tekanan, karena sama-sama berharap beroleh kemenangan.

"Kami memahami betul bahwa pertandingan pembuka nanti begitu menentukan bagi perjalanan kedua tim di babak selanjutnya. Pertandingan ini demikian krusial," katanya sebagaimana dikutip dari laman AFA.

Ia menambahkan, "Cile tampil sebagai lawan yang sangat dinamis, untuk itu kami harus tampil kompak, kuat dalam melapis pertahanan dan trengginas melancarkan serangan."

Sejak final Copa America 2015, tim asuhan Gerardo Martino itu hanya sekali menelan kelelahan dalam sembilan pertandingan dan meraih empat kemenangan berturut-turut.

Sementara itu, Pizzi - yang menggantikan pelatih Jorge Sampaoli pada Januari - kurang menunjukkan hasil kerja yang mengesankan, dari enam laga, ternyata belum pernah memetik kemenangan.

Komentar dua manajer:

* Gerardo Martino (Argentina):

"Kami berharap dia (Messi) siap turun bertanding. Ia turun atau tidak, akan diumumkan menit-menit akhir jelang laga dimulai. Ini lantaran cedera yang dialami sungguh memerlukan perawatan serius."

"Ia sangat bersemangat turun bertanding di ajang Copa. Ia bertekad meraih kemenangan. Dari tekad dia itulah, saya tidak perlu ragu lagi mengenai kesiapan dia memperkuat timnas negaranya."

*  Juan Antonio Pizzi (Cile):
"Saya tenang, toh sejumlah gol akan dicetak dalam pertandingan nanti. Inilah pertandingan yang menunjukkan kelas dari kedua tim, kelas dari para pemain yang terlibat dalam pertandingan itu."

"Kami harus terus berusaha dan bekerja keras menghadapi mereka. Saya telah menyiapkan strategi khusus melawan mereka. Saya tetap tenang, toh nanti kita dapat melihat hasil pertandingan itu kelak."

Prakiraan susunan pemain:

*Argentina (4-4-2):

Romero (penjaga gawang), Roncaglia, Otamendi, Mascherano, Mercado, Di Maria, Banega, Pastore, Messi, Higuain, Aguero

* Cile (4-3-1-2):
Bravo (penjaga gawang), Mena, Medel, Isla, Roco, Silva, Fernandez, Hernandez, Vidal, Alexis, Pinilla

 Data dan fakta (Opta Facts):

* Dengan tidak menyertakan hasil dari tendangan penalti, Argentina tidak terkalahan dalam 25 laga melawan Cile di Copa America, 19 menang dan enam imbang.
* Argentina belum pernah kebobolan ketika melawan Cile sejak 1959 ketika Albiceleste menang 6-1. Sejak laga itu, Argentina menorehkan clean sheet dalam tujuh pertemuan kedua tim.
* Pertemuan kedua tim yang terakhir di kompetisi ini justru di ajang final. Laga mulanya berakhir imbang 0-0 sesudah dilakukan babak perpanjangan waktu. Akhirnya Cile menang kemudian mengangkat trofi lewat drama adu penalti.
* Kedua tim bersua pada Maret 2016 di babak penyisihan Piala Dunia 2018 dalam pertandingan yang digelar di Santiago. Argentina menang 2-1 atas Cile.  
* Cile meraih masing tiga kemenangan terakhir di laga perdana di ajang Copa America. Merang menang 3-2 atas Ekuador pada 2007, 2-1 lawan Meksiko pada 2011 dan 2-0 lawan Ekuador pada 2015.
* Argentina tidak terkalahkan dalam 10 laga Copa America (empat menang dan enam imbang). Mereka hanya sekali kalah dalam 20 pertandingan di kompetisi ini (0-3 melawan Brasil dalam final 2007), 12 menang dan tujuh imbang.     
 
 Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Argentina: W W W W D


27-05-16 Argentina 1 - 0 Honduras
29-03-16 Argentina 2 - 0 Bolivia
24-03-16 Cile 1 - 2  Argentina
17-11-15 Colombia 0 - 1 Argentina
13-11-15 Argentina 1 - 1 Brasil

* Cile: L L W L L


01-06-16 Mexico 1 - 0 Cile
27-05-16 Cile 1 - 2 Jamaika
29-03-16 Venezuela 1 - 4 Cile
24-03-16 Cile 1 - 2 Argentina
17-11-15 Uruguay 3 - 0 Cile

Head To Head:
 

24-03-16 Cile 1 - 2 Argentina
04-07-15 Cile 0 - 0 Argentina
16-10-12 Cile 1 - 2 Argentina
07-10-11 Argentina 4 - 1 Cile
15-10-08 Cile 1 - 0 Argentina

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Argentina 2 - 1 Cile (18 persen)
* Argentina 2 - 0 Cile (14 persn)
* Argentina 3 - 1 Cile (8 persen)

Prediksi laga:

* Pertandingan ini bakal berlangsung seru dengan berhiaskan jual beli serangan, karena mengaitkan sederet pemain bintang, sebut saja Arturo Vidal, Alexis Sanchez, Sergio Aguero dan kemungkinan Lionel Messi.
* Baik Argentina maupun Cile sama-sama dijagokan bakal kelaur sebagai pemenangan Grup D.
* Kalau memang Messi absen maka tempatnya akan diisi oleh Gabriel Bautista yang mengoleksi enam gol.
* Cile memiliki kapten tim Claudio Bravo, penjaga gawang yang membawa Barcelona keluar sebagai juara Liga Spanyol musim ini. Ia disokong sepenuhnya oleh Gary Medel, pemain veteran yang telah lama membela Inter Milan.
* Cile punya gelandang kelas dunia, Arturo Vidal dengan ditopang alur serangan oleh pemain sayap Arsenal, Alexis Sanchez.

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* Argentina: 2
* Cile: 1   


Oleh A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar