Alhamdulillah tahun ini ada mudik gratis, tahun kemarin (2015) tidak ada
Bandung (ANTARA News) - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat menyatakan sekitar 8.000 armada antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP) disiapkan untuk melayani pemudik pada arus mudik dan balik Lebaran 2016/1473 Hijriah.

"Ada 8.000 kendaraan angkutan umum armada yang nanti akan melakukan pergerakan atau penyediaan arus mudik nanti. Semuanya tidak ada sample tapi harus layak jalan. Jadi delapan ribu itu di Jabar kaitannya dengan AKDP dan AKAP," kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik, di Bandung, Selasa.

Ia menjelaskan beberapa waktu lalu Dishub Jabar telah menghadiri rapat yang berisi arahan dari Kementerian Perhubungan RI terkait persiapan jelang arus mudik dan balik Lebaran 2016.

"Hasil arahan dari Kemenhub beberapa minggu lalu, pertama adalah jangan terjadi kemacetan, kedepankan keselamatan angkutan umum, kecelakaannya harus diminimalisir," kata dia.

Selain itu, lanjut Dedi, Menteri Perhubungan RI Ignasius Jonan meminta agar Ram Check (pengecekan bersama antara dinas perhubungan, polisi dan Bina Marga) tidak hanya dilakukan untuk jalur darat saja namun juga berlaku untuk jalur kereta api, laut dan udara.

"Dan kebetulan di Jawa Barat itu ada beberapa angkutan danau dan sungai untuk kapal tujuh gross ton. Kita akan melakukan pengecekan secara terus menerus selain pengecekan enam bulan sekali oleh kabupaten/kota. Itu yg di arahkan oleh Pak Menteri dalam rapat arahan beberapa waktu lalu," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan untuk tahun 2016 Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat menyediakan sekitar 80 armada bus yang akan digunakan untuk program mudik gratis Idul Fitri 1436 Hijriah/2016 untuk masyarakat.

"Alhamdulillah tahun ini ada mudik gratis, tahun kemarin (2015) tidak ada. Sekarang kita sedang lakukan sosialiasi terutama mengajak para penyedia jasa transportasi ada CSR atau pabrik/kawasan untuk ikut mudik gratis ini," kata dia.

Ia mengatakan program mudik gratis yang diadakan oleh Dishub Jawa Barat akan dikoordinasikan dengan program mudik gratis dari Pemprov Jawa Barat.

"Ini untuk stimulus dan mudah-mudahan ke depannya makin banyak pihak yang mengadakan mudik gratis di Jawa Barat," ujar dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016