Hingga Rabu pukul 11.00 WIB, sudah ada empat gardu listrik yang dipadamkan
Bandung (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mengerahkan seluruh perahu untuk melakukan pemantauan dan membantu evakuasi warga korban banjir di Bandung selatan.

"Perahu dikerahkan untuk pemantauan warga yang tergenang banjir, titik-titik pengungsian juga sudah disiapkan," kata Kepala BPBD Kabupaten Bandung Tata Irawan di Baleendah, Kabupaten Bandung, Rabu.

Dia menjelaskan pendataan warga tergenang banjir dilakukan oleh masing-masing kelurahan dan desa.

Ia mengatakan banjir langsung tinggi sejak tadi malam pukul 21.00 WIB akibat luapan Sungai Citarum.

Genangan banjir bervariasi mulai dari 50 sentimeter hingga lebih dari satu meter. BPBD Kabupaten Bandung langsung melakukan koordinasi dengan PMI, Polres Bandung, TNI, dan potensi masyarakat lainnya untuk berkoordinasi penanganan pascabanjir.

Banjir juga merendam Jalan Palasari yang mengakses ke Baleendah,  Dayeuhkolot juga terendam banjir tepatnya di depan pabrik PT Metro. Terjadi kemacetan total lalu lintas di jalan yang mengakses ke lokasi industri di kawasan itu.

Sementara itu, Perusahaan Listrik Negara (PLN) memadamkan empat gardu listrik di lokasi banjir untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa memicu korsleting.

"Hingga Rabu pukul 11.00 WIB, sudah ada empat gardu listrik yang dipadamkan. Sebanyak 3.700 pelanggan listrik di lokasi banjir saat ini terkena dampak pemadaman ini," kata Supervisor PLN Distribusi Jabar Banten (DJBB) Suargina di Bandung.

Menurut dia, pemadaman itu dilakukan sebagai prosedur pengamanan aliran listrik di lokasi banjir. Antara lain bila genangan banjir telah mencapai ketinggian instalasi listrik, maka pemadaman dilakukan. Ia menyebutkan di beberapa daerah ketinggian air telah mencapai ambang batas keamanan gardu yakni sekitar 50 sentimeter.

"Pemadaman aliran listrik itu sudah merupakan prosedur pengamanan aliran listrik, juga mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap pelanggan," katanya.

Tim PLN Siaga Banjir juga dikerahkan ke kawasan banjir di Baleendah dan Dayeuhkolot. Tim dibantu oleh pelayanan teknik dari PLN Unit Majalaya dan sekitarnya.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016