Jakarta (ANTARA News) -  Pada sebuah turnamen besar  internasional selalu banyak kisah untuk dibagikan kepada khalayak, tentang para favorit juara, tuan rumah, underdog, atau bintang-bintang yang naik daun.

Euro 2016, seperti edisi-edisi lain dari Piala Eropa sebelumnya dan juga Piala Dunia, menjadi sumber melimpah cerita-cerita menarik yang menyedot perhatian publik di mana saja.

Sebelum menikmati pertandingan-pertandingan Piala Eropa di Prancis ini, ada baiknya mengikuti dulu cerita tak kalah menarik mengenai jersey yang dipakai oleh ke-24 timnas yang berlaga pada turnamen sebulan penuh mulai hari ini di negeri yang belakangan acap diguncang serangan teroris itu.

Daily Mirror memperingkatkan jersey-jersey timnas ini ke dalam yang paling bagus sampai paling jelek. Dan berikut urutan jersey-jersey tim Euro 2016 menurut versi koran Inggris itu.

1. BELGIA; Daily Mirror ternyata menempatkan jersey tim berperingkat paling tinggi di Eropa itu sebagai teratas dalam kemenarikan kostum.

2. KROASIA; kostum merah-putih dengan motif seperti papan catur ini memang sedap dipandang mata, tak hanya karena corak, namun juga desain.

3. PRANCIS; Biru yang dipakai Le Bleus itu meneduhkan, apalagi dipadukan dengan kaus kaki merah. Enak dilihat mata.

4. SPANYOL; Polanya tidak begitu terlihat dari kejauhan, tapi inilah kunci kemenarikannya, minimalis tapi apik.

5. TURKI; Kostum merah gelap bermotif kotak-kotak kabur ini merangsang mata untuk melihatnya.

6. ITALIA; Bahan yang halus dengan tidak memakai kerah dan detail cukup manis sekitar badge Itali membuat jersey ini salah satu yang terbaik.

7. AUSTRIA;  Garis laser tipis yang dipadukan badge agak kubus pada dada membuat kostum ini terlihat futuristik.

8. WALES; Bahannya agak mengkilat, namun sangat menawan.

9. IRLANDIA UTARA; Garis biru melintang di dada adalah salah satu yang menarik dari kostum ini.

10. JERMAN: Hanya dua warna, relatif polos, kecuali logo sponsor dan badge dengan bintang empat di atasnya. Klasik.

11. SWEDIA: Agak berbeda dari Ukraina, garis pada kostum tidak terlalu ofensif. Tidak terlalu bagus, namun ini jersey yang melukiskan kebahagiaan.

12. POLANDIA; Garis polos dengan warna nan sederhana, ditambah detail yang sedikit mewah, cocok dengan tim seefisien Polandia.

13. ALBANIA; Agak membingungkan, antara jelek dan mahakarya. Hanya waktu yang menjadi penilainya.

14. RUMANIA; Yang agak mengganggu dari kostum ini adalah tulisan (sponsor) Joma. Juga sederhana.

15. ISLANDIA; Desain yang berani yang melambangkan keberanian bertarung sebuah tim underdog.

16. HUNGARIA; Warna bendera Hungaria memuat kombinasi warna yang unik. Warna Burgundy (merah tua), putih dan hijau lumut membuat jersey ini mudah dikenali mata.

17. PORTUGAL; Cukup berkelas, namun tidak begitu manis. Agak seperti Cristiano Ronaldo.

18. SWISS; Sederhana sekali, dengan hanya sedikit acungan  jempol pada gambar logo Asosiasi Sepak Bola Austria di dada kanan.

19. SLOWAKIA; Kostum negara pecahan bekas Cekoslovakia in terlalu umum.

20. REPUBLIK CEKO; Kostum ini seolah mengajak penonton fokus pada logo asosiasi sepak bola negeri ini. Tak jelas apa alasannya.

21. UKRAINA; Agak lucu karena ada motif kotak-kotak pada tengah kostum ini, padahal tidak pernah ada kostum tim sepak bola dengan motif kotak-kotak.

22. RUSIA; Warnanya memang keren, juga kerahnya, tapi sayang tidak cocok dipadukan dengan badge nasional Rusia.

23. REPUBLIK IRLANDIA; Kurang kreatif , mungkin karena dunia rancang busana di negeri ini tidak terlalu bergairah sejak 1990-an.

24. INGGRIS;  Banyak orang yang mengkritik mengapa kaus kaki merah dipadukan dengan jersey putih dan juga celana pendek putih. Namun setidaknya warna birun lembut pada bahu dan lengan lebih meyakinkan ketimbang kinerja duo pertahanan tengah Chris Smalling dan John Stones.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016