Jakarta (ANTARA News) - Nasib Timnas Uruguay di ujung tanduk setelah kalah 0-1 dari Venezuela dalam pertandingan fase grup kedua Copa America di Stadion Lincoln Financial Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, Jumat pagi WIB.

Dengan kekalahan itu, Uruguay belum memperoleh poin setelah kalah 1-3 dari Meksiko di laga pembuka.

Uruguay terancam tersingkir dari Copa Amerika jika Meksiko berhasil mengalahkan Jamaika di laga yang akan segera berlangsung.

Uruguay hanya bisa bertahan di Copa America jika Jamaika berhasil meraih kemenangan atas Meksiko sehingga penentuan lolos ke perempat final akan ditentukan pada laga terakhir.

Sementara Venezuela memuncaki klasemen sementara grup C dengan nilai enam poin dari dua laga setelah mengalahkan Uruguay.

Venezuela dipastikan lolos ke perempat final jika Meksiko meraih kemenangan atas Jamaika.


Gol Tunggal

Gol tunggal kemenangan Venezuela dibukukan oleh penyerang klub Inggris West Bromwich Albion, Salomon Randon, yang menyontek bola pantulan hasil sepakan Alejandro Guerra pada menit 36.

Uruguay, yang memiliki 15 gelar juara Copa America, mencoba mengejar defisit gol pada babak kedua melalui aksi Edinson Cavani dan Gaston Ramirez.

Pada menit 78, pencetak gol Salomon Randon terpaksa meninggalkan lapangan untuk digantikan Luis Seijas akibat cedera.

Edinson Cavani mengemas peluang pada menit 89, namun sepakan pemain klub Paris Saint Germain (PSG) yang dilepaskan dari posisi tengah melenceng ke sisi kanan gawang Venezuela.

Tendangan kaki kiri Edinson Cavani pada menit 90 pun mampu diamankan penjaga gawang Venezuela. Sepakan Diego Godín di ujung laga juga berhasil diblokir pemain bertahan Venezuela. Dan skor 1-0 bertahan hingga laga usai.

Statistik pertandingan di situs Copa America menunjukkan Uruguay menguasai laga dengan 59 persen berbanding 41 persen penguasaan bola.

Edinson Cavani dan kolega juga melepaskan 12 sepakan, sementara Venezuela sembilan tendangan.

Venezuela akan menghadapi Meksiko dan Uruguay bertemu Jamaika pada laga terakhir grup C di Santa Clara, California, 13 Juni 2016 menurut situs Copa Amerika 2016.

Susunan pemain kedua tim:

Uruguay (4-4-2):
Muslera; M. Pereira, Gimenez, Godin, G. Silva; Sanchez (Nicolas Lodeiro), Arevalo, Ramirez (Diego Rolan), Alvaro (Mathias Corujo); Stuani, Cavani.
Pelatih: Oscar Tabarez

Venezuela (4-2-3-1): Hernandez; Rosales (Alexander González), Angel, Vizcarrondo, Feltscher; Rincon, Figuera (Romulo Otero); Martinez, Guerra, Penaranda; Rondon (Luis Seijas).
Pelatih: Rafael Dudamel

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016