Kami menyiapkan diri selama dua tahun untuk menghadapi laga pada 10 Juni nanti
Saint-Denis (ANTARA News) - Tuan rumah Prancis tidak ingin lebih dulu berkoar ketika menjamu Rumania di laga pembuka perhelatan akbar Piala Eropa 2016. Pasukan asuhan pelatih Didier Deschamps itu tidak ingin disebut sebagai tim yang menyandang predikat "tong kosong berbunyi nyaring".

Les Bleus bertekad memberi penampilan memikat dan meraih kemenangan ketika melawan Rumania dalam pertandingan yang digelar di Stadion Parc Des Princes, Paris, pada Jumat waktu setempat, atau Sabtu dini hari, pukul 02.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Prancis dihuni sejumlah pemain senior yang nota bene kaya pengalaman di laga internasional. Sebut saja, Lassana Diarra, Mathieu Debuchy, Mamadou Sakho, Raphael Varane dan Jeremy Mathieu. Mereka menempati segala lini yang dapat membuat penampilan tim tuan rumah demikian memikat.

Badai cedera tidak menerpa kubu Prancis sampai pekan lalu. Seluruh pemain siap tempur termasuk pemain muda bertalenta Kingsley Coman yang baru saja sembuh dari cedera betis beberapa pekan lalu. Hanya saja ia bakal dibangkucadangkan ketika melawan Rumania.

Pemain sayap West Ham Dimitri Payet disiapkan berkongsi bersama dengan Olivier Giroud dan Antoine Griezmann untuk menggalang serangan yang ampuh ke sektor pertahanan lawan.

Menurut sejumlah laporan yang terbit di Prancis, striker Manchester United (MU) Anthony Martial besar kemungkinan akan mengisi bangku cadangan.

Di kubu Rumania, bek kiri Steliano Filip masih berkutat dengan cedera engkel, hanya saja ia masih tampak ikut berlatih meski di bawah pengawasan tim medis.

Nama yang demikian akrab di telinga Liga Inggris dan dunia, yakni penjaga gawang Sunderland Costel Pantilimon dan mantan bek Tottenham Vlad Chiriches. Ia menegaskan bahwa "siap tempur seratus persen" setelah absen dalam laga pembukaan melawan Georgia.

Prancis tidak diperkuat oleh bek tengah Raphael Varane karena masih dibekap cedera. Mamadaou Sakho juga belum dapat sepenuhnya turun bertanding melawan Rumania. Bek Liverpool ini masih terkena suspensi selama 30 hari karena tidak lulus tes narkoba.

Masa suspensi Sakho bakal berakhir pada akhir bulan ini terhitung setelah pelatih Prancis Didier Deschamps mengumumkan susunan pemain di ajang Piala Eropa 2016.

Rumania akan turun dengan kekuatan penuh, karena tidak ada pemain yang mengalami cedera serius. Penyerang Florin Andone dan Denis Alibec belakangan ini mengalami cedera meski tidak serius benar. "Dia hanya mengalami cedera ringan yang tidak berdampak serius," kata pelatih Rumania Anghel Iordanescu.

Komentar dua pelatih:

* Didier Deschamps (Prancis):

"Kurang atau lebih, ini kesempatan emas bagi pemain mengukir sejarah. Kami menyiapkan diri selama dua tahun untuk menghadapi laga pada 10 Juni nanti. Ini demikian penting dalam peta kompetisi sepak bola."

"Pertandingan terakhir kami di ajang resmi ketika melawan Jerman di babak kuarter-final di Piala Dunia (2014). Laga lainnya seluruhnya pertandingan persahabatan. Laga akan digelar di Stade de France -di laga pembuka- dan artinya pertandingan ini demikian istimewa."

"Rumania tampil sebagai tim yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Mereka berusaha sekuat tenaga tampil sebaik mungkin. Jika mereka berharap menang di pertandingan ini, maka mereka tidak akan tampil hanya dengan bertahan."

"Rumania mengandalkan lini pertahanan yang solid, meski mereka mampu juga tampil baik di lini lain. Saya menyaksikan pertandingan-pertandingan mereka. Mereka punya lini depan yang baik. Saya berharap kami mampu memberi perlawanan berarti kepada mereka. Laga bakal berlangsung menarik selama lebih dari 90 menit."

* Anghel Iordănescu (Rumania):
"Pertandingan ini ditandai dengan persaingan yang demikian ketat, melawan salah satu tim besar di Eropa daratan, pernah meraih gelar juara Piala Eropa. Kami melawan salah satu tim terbaik di dunia, tim yang difavoritkan."

"Saya berharap dan yakin bahwa para pemain berusaha dan bertekad tampil sebaik mungkin. Tim yang gagak perkasa mampu memberi penampilan terbaik. Tujuannya, kami siap memberi penampilan berkualitas, lolos dari babak penyisihan grup dan membuat kesan yang menawan di turnamen ini."

Prakiraan susunan pemain:

* Prancis (4-3-3):

Lloris (penjaga gawang), Sagna, Evra, Koscielny, Rami, Kante, Pogba, Matuidi, Giroud, Griezmann, Payet

* Rumania (4-2-3-1):
Tatarusanu (penjaga gawang), Sapunaru, Rat, Chiriches, Grigore, Pintili, Hoban, Popa, Stancu, Stanclu, Andone       

Data dan fakta:
* Prancis tidak terkalahkan dalam delapan laga kompetitif melawan Rumania (tiga menang, lima imbang).
* Secara keseluruhan Prancis menghadapi Rumania sebanyak 15 kali, tujuh menang (lima imbang, tiga kalah)
* Prancis tidak terkalahkan dalam 10 laga terakhir melawan Rumania (lima menag, lima imbang).
* Empat dari lima laga antara Prancis dan Rumania berakhir imbang. Kecali ketika Prancis menang 2-0 pada 9 Oktober 2010 di laga kualifikasi Piala Eropa 2012 yang dimainkan di Stade de France.
* Prancis hanya menderita sekali kalah dari delapan laga kandang melawan Rumania (lima menang, dua imbang).
* Ini kali ketiga bagi Prancis dan Rumania bertemua di kejuaraan Eropa. Pada laga 9 juni 2008, mereka bermain imbang 0-0 di babak penyisihan grup.
* Tepat 20 tahun lalu, pada 10 Juni 1996, Prancis mengalahkan Rumania dengan 1-0 lewat gol yang diciptakan oleh Christophe Dugarry (25').    
    
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Prancis: W W W W L


04/06/2016 Prancis 3 - 0 Skotlandia
30/05/2016 Prancis 3 - 2  Kameroon
29/03/2016 Prancis 4 - 2 Rusia
25/03/2016  Belanda 2 - 3 Prancis
17/11/2015  Inggris 2 - 0 Prancis

* Rumania: W L D D W

03/06/2016 Rumania 5 - 1 Georgia
29/05/2016 Rumania 3 - 4 Ukraina
25/05/2016 Kongo 1 - 1 Rumania
27/03/2016 Rumania 0 - 0 Spanyol
23/03/2016 Rumania 1 - 0 Lithuania

Head To Head:
 
06/09/2011 Rumania 0 - 0 Prancis
09/10/2010 Prancis 2 - 0 Rumania
05/09/2009 Prancis 1 - 1 Rumania
11/10/2008 Rumania 2 - 2 Prancis
09/06/2008 Rumania 0 - 0 Prancis

Prediksi hasil laga (Goal.com):
 
* Prancis 2 - 0 Rumania (25 persen)
* Prancis 0 - 0 Rumania (14 persen)
* Prancis 3 - 0 Rumania (12 persen)

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Prancis: 2
* Rumania: 0

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016